Rindu Upacara di SIT Insantama

-

Rindu Upacara di SIT Insantama
(Sebuah Galeri Kecil Upacara di SIT Insantama)

Penulis : Muh. Adhi M Harapan

Hari ini, entah Senin keberapa sejak pandemi menerpa. Ya, kita semua rindu Upacara senin yang selama ini dilaksanakan…

Sebagai Sekolah Islam unggulan dengan tagline Sekolah Para Juara dan Sekolah Calon Pemimpin, SIT Insantama selalu memenuhi semua unsur aktivitas lembaga kependidikan. Selain kegiatan belajar mengajar, salah satu kegiatan yang begitu menarik dan memberi kesan bagi seluruh civitas academika adalah Upacara. Ya, upacara merupakan kegiatan reguler di seluruh unit.

Upacara melatih banyak aspek kependidikan. Kedisiplinan, persiapan, pelatihan, kebersamaan, baris berbaris, jiwa patriotis bahkan senantiasa ada rasa syahdu bahkan bahagia saat semua tugas keupacaraan bisa terlaksana dengan baik. Bagi para petugas upacara jelas memiliki rasa bangga tersendiri saat semua tugas terlaksana dengan baik. Adakalanya sebagai Ketua regu, komandan upacara, pembaca Pancasila, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, lagu nasional, pembaca doa atau bahkan hanya sebagai peserta upacara nya; semua selalu memberi bekas mendalam.

Upacara di SIT Insantama, telah dilaksanakan semenjak Insantama berdiri, yakni sekitar 20 tahun lamanya sampai tahun ini. Setiap saat selalu semakin rapi, serius, sempurna dan membanggakan. Apalagi dengan lapangan upacara yang semakin hari semakin luas, rapi dan tertata dengan baik.

Upacara di SIT Insantama adakalanya merupakan Upacara Reguler setiap Senin pagi di Unit SDIT, SMPIT dan SMAIT Insantama. Semua upacara dilaksanakan di tempat/ Lapangan Upacara masing-masing Unit dengan petugas masing-masing dibimbing para guru dan kepala sekolah. Alhamdulillah hingga saat ini kegiatan upacara ini berlangsung sebagaimana mestinya, sebelum pembelajaran di tiap unit dilaksanakan.

Selain Upacara Bendera setiap Senin pagi, dilaksanakan pula upacara khusus seperti setiap Peringatan 17 Agustus, Upacara Sumpah Pemuda, atau upacara khusus ketika ada Bapak Ibu Pembina khusus sepertu Bapak Walikota Bogor, Bapak Dandim Bogor, Bapak Ketua Yayasan Insantama ataupun tamu dan tokoh lainnya. Alhamdulillah semua upacara di Insantama terlaksana dengan baik dan menjadi bagian tak terpisahkan dari proses pembelajaran mencerdaskan kehidupan berbangsa menuju generasi yang bertaqwa kepada Allah SWT, generasi para juara dan calon pemimpin.

Berikut Galeri kegiatan upacara di SIT Insantama.

1. Upacara Senin Pagi di SDIT, SMPIT dan SMAIT Insantama
2. Upacara Senin Pagi khusus bersama Bapak Walikota Bogor, Bpk Dr.Bima Arya tanggal 16 Januari 2017.
3. Upacara Senin Pagi khusus bersama Bapak Dandim Bogor, tanggal 16 Oktober 2017.
4. Upacara Sumpah Pemuda 28 Oktober 2019.
5. Sebagian Siswa Petugas Upacara sedang berlatih dan bersiap.
6. Foto kenang-kenangan sebagain peserta upacara dengan Bapak Walikota Bogor.
7. Foto kenang-kenangan sebagain peserta upacara dengan Bapak DanDim kota Bogor.