VISITING KELAS 5

Untuk memperkuat pemahaman pelajaran IPA dan IPS, sebanyak 121 siswa-siswi kelas 5 mengikuti visiting ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) beberapa waktu lalu.

Penguatan dan pengayaan materi IPA dilakukan dengan melakukan kunjungan ke PPIPTEK. Seluruh rombongan siswa yang sudah terbentuk menjadi kelompok-kelompok kecil memasuki PPIPTEK sekitar pukul 09.00 dan setiap rombongan kecil mulai menikmati sajian PPIPTEK dengan berkeliling. Ada ratusan peraga IPTEK di sana, mulai dari peralatan yang sederhana sampai yang rumit: ada lintasan lari jarak pendek, ada lensa, ada magnet, dinosaurus, macam-macam katrol, tuas pengungkit, bidang miring, ada mobil Honda dengan dipotong rangka dan mesinnya, serta ada pula miniatur pesawat N 250 IPTN (PT. Dirgantara) Bandung.

Di tempat ini siswa-siswi menemukan juga simulasi gempa, roket, simulasi perubahan kimia reaksi panas dan dingin, serta peralatan-peralatan lainnya. Setiap rombongan kecil dipandu oleh PAK mengamati dan mempraktikkan alat peraga IPTEK yang ada. Semuanya berputar sesuai dengan PAK nya masing-masing. Pengamatan dan praktik terus dibimbing PAK. Setiap siswa menemukan hal yang baru dan juga peraga teknologi baru. Alhamdulillah, banyak ilmu yang kami dapatkan di sini.

Sementara itu, materi pengayaan IPS dilakukan dengan menaiki fasilitas bis wisata yang telah disediakan pihak TMII. Siswa-siswi berkeliling mengitari rumah-rumah adat yang ada. Pada kesempatan tersebut, mereka dikenalkan dengan beragam budaya tanah air dengan melihat keanekaragaman suku dan budayanya, terutama rumah dan pakaian adatnya. Setelah berkeliling cukup lama, rombongan berhenti di Masjid Pangeran Diponegoro TMII. Rombongan melaksanakan shalat dzuhur bersama-sama.[]