Qurban untuk Pendidikan; Serunya Prosesi Berqurban 1444 H di SDIT Insantama Bogor

0
205

Kegiatan penyembelihan hewan qurban di SDIT Insantama Bogor dilaksanakan pada hari tasyrik yaitu Rabu, 1Juli 2023 bertepatan dengan tanggal 13 Dzulhijjah. Kegiatan qurban di SDIT Insantama ini sebagai bagian dari pendidikan dan pembelajaran untuk para anandas. Penyembelihan hewan qurban ini langsung disaksikan dan dilakukan bersama para ananda.

Sebelumnya ananda mendapatkan materi Bina Syaksiyah Islam (BSI) yang menguatkan anandas mengenai sejarah atau filosofi qurban, hikmah berkurban, waktu qurban, syarat orang yang berqurban, syarat penyembelihan dan jenis hewan qurban yang disyaratkan sesuai dengan aturan dalam Islam.

Ir. M. Adhi Maretnas, selaku Direktur Pelaksana (Dirlak) SIT Insantama Bogor melaksanakan pembukaan kegiatan pada pukul 06.00 WIB. Beliau menyampaikan beberapa pesan penting. “Dari qurban ini banyak hikmah yang bisa kita ambil. Karena itulah, Insantama mengadakan pemotongan hewan qurban dengan tagline qurban untuk pendidikan. Jadi, selain untuk ibadah kepada Allah Swt, juga untuk berbagi kepada saudara kita yang membutuhkan. Dan lebih dari pada itu, tentu adalah pendidikan kepada anak-anak kita, kepada murid-murid kita, kepada generasi muda kita tentang pentingnya untuk selalu terikat pada perintah dan larangan Allah SWT. Ketaatan itulah yang akan berbuah keberkahan pada kita”. Ujar Dirlak dalam pembukaan acara.

Qurban untuk pendidikan, maknanya adalah qurban di Insantama sebagai sarana bagi siswa-siswi SDIT Insantama Bogor untuk belajar dari setiap mekanisme qurban itu sendiri, seperti sejarah, hikmah, anatomi hewan, hingga prosedur penyembelihan, pengkulitan, pencacahan, dan pendistribusian daging.

Selain itu, Ahmad Avicena atau biasa dipanggil sebagai Pak Sena, selaku penanggung jawab (PJ) qurban unit SDIT Insantama Bogor tahun ini mengatakan bahwa qurban kali ini bertepatan pada hari libur siswa; sehinggga acara dilaksanakan dengan dua metode: offline dan online. Secara offline, pemotongan hewan qurban dapat langsung disaksikan oleh anandas yang dapat hadir ke sekolah. Sementara itu, prosesi qurban juga dapat diakses secara online melalui kanal Youtube SDIT Insantama Bogor bagi siswa dan orangtua siswa yang tidak dapat menyaksikan secara langsung di sekolah.

Ananda semua yang hadir menuju lapangan gedung 3 untuk menyaksikan secara langsung proses penyembelihan hewan yang dimulai dari doa hingga pencacahan daging. Tempat duduk mereka juga dibagi menjadi dua bagian: ikhwan dan akhwat. Sebagai pembimbing pemotongan hewan qurban, Pak Isab dan Pak Sambas mempraktikkan penyembelihan dua ekor domba. Domba-domba tersebut merupakan hewan qurban dari dua siswa SDIT Insantama Bogor yang telah mempercayai Insantama sebagai tempat mereka untuk berqurban. Sebelum pemotongan dimulai, Pak Isab dan Pak Sambas menerangkan kembali SOP (Standard Operating Procedure) pemotongan hewan qurban, seperti pemilihan pisau yang tajam, doa-doa, hingga teknik memotong yang harus menghadap ke arah kiblat.

Keterlibatan dan partisipasi para ananda pada saat penyembelihan hewan qurban ini menjadi momen pembelajaran yang seru dan menyenangkan.
“Serunya belajar berqurban bersama di SDIT Insantama ini, karena dapat menyaksikan proses penyembelihan secara langsung dari pemotongan, pengulitan, pencacahan sampai membakar sate bersama”, ungkap Kalista, salah satu siswa kelas 4E yang berqurban di SDIT Insantama.

Alhamdulillah, pelaksanaan qurban di Insantama berjalan dengan lancar sesuai syariat dan SOP hingga tuntas didistribusikan kepada masyarakat sekitar.

Ustadz Adhi menuturkan terima kasih kepada orangtua siswa yang telah mempercayai Insantama sebagai tempat mereka untuk berqurban.[]