LMT-3 SMPIT Insantama Bogor: Ilmu Terjun ke Masyarakat

0
367
“Selain Pelajaran di kelas, maka dengan terjunnya antum ke tengah Masyarakat, merasakan, memahami dan menyiapkan solusi untuk mereka adalah Pelajaran yang jauh lebih berharga ketimbang sekadar belajar di kelas.” Ustadz M. Adhi Maretnas Harapan
Senin (20/10/2023), jarum jam masih menunjuk pukul 06.00 pagi, namun ananda kelas VIII SMPIT Insantama berbondong-bondong menuju Insantama Sport Center. Tanpa menunggu aba-aba mereka langsung melaksanakan sholat dhuha 8 rakaat dilanjutkan tilawah. Di samping mereka telah tertata rapi buntelan-buntelan sarung, bawaan khas kegiatan LMT-3. Pagi ini, ananda angkatan Gluminous Bersiap melaksanakan kegiatan LMT-3.
Matahari belum terlalu terik, ketika upacara pembukaan LMT-3 dimulai. Dipimpin oleh ananda Akbari selaku ketua angkatan XVI Gluminous dengan pembina ust. Ir. M. Adhi Maretnas Harapan, dirlak SIT Insantama. Beliau berpesan kepada seluruh peserta bahwa LMT-3 adalah salah satu program kesiswaan yang menjadi ciri khas dari SMPIT Insantama. Ananda juga diberikan nasehat agar serius mengikuti kegiatan LMT-3, karena kegiatan ini memiliki tujuan yang luar biasa dalam proses pembentukan pemimpin umat di masa depan. Terakhir, beliau juga mengingatkan ananda agar selalu menjaga kesehatan agar bisa mengikuti kegiatan LMT-3 secara maksimal.
Usai dibuka secara simbolis oleh ustadz Adhi Maretnas, ananda secara bergelombang berkemas dan menuju deretan angkot yang telah tertata rapi. Berjajar rapi, angkot-angkot meninggalkan Hegarmanah IV, lokasi SIT Insantama menuju Titik Nol Adventure Camp di Tajur Halang, Cijeruk Bogor. Cuaca cerah dan awan-awan yang menghiasi gunung Salak terlihat jelas. Tanpa halangan berarti seluruh rombongan sampai di lokasi acara.
Melalui instruksi singkat yang disampaikan oleh pak Tri, seluruh peserta LMT-3 baik Ikhwan maupun akhwat langsung saling bahu membahu untuk membangun tenda. Proses membangun tenda berlangsung cukup singkat, menandakan ananda telah terlatih dalam kerja berkelompok atau teamwork. Hal ini menjadi modal awal untuk melaksanakan tugas inti kegiatan LMT-3, yaitu memetakan kondisi Masyarakat dengan terjun langsung, mengamati dan mewawancarai mereka secara mendalam. Sebagaimana quotesi yang dikutip oleh ust. Adhi di acara pembukaan, bahwa setiap garis akan dimulai dari sebuah titik. Maka titik itu telah dimulai hari ini.[]