Kebersihan Menjadi Tanggung Jawab Bersama

0
417

SDIT Insantama menyelenggarakan Pekan Ta’aruf hari kedua yang mengangkat kegiatan lomba kebersihan antar kelas sebagai bagian dari komitmen bersama warga sekolah dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih dan rapi.

Pekan Ta’aruf (PT) hari kedua dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 10 Januari 2024 di kampus SDIT Insantama. Tim PT hari ke dua telah merancang kegiatan dari pukul 07.00-13.00 WIB. Semua guru telah disiapkan untuk bisa mengawal siswa dalam acara PT hari kedua ini.

Pukul 07.00 WIB, kegiatan PT hari kedua diawali dengan apel pengarahan lomba kebersihan di lapangan depan SDIT Insantama. Bu Liena sebagai ketua tim PT hari kedua mengatur panitia dalam melaksanakan tugasnya. Pak Asra dengan memakai kostum petugas kebersihan memimpin upacara dengan semangat. Pak Chandra dengan memakai kostum petugas kebersihan juga menjadi pembina upacara yang menyampaikan pengarahan lomba kebersihan antar kelas. Upacara terlihat haru saat panitia memberikan cinderamata untuk pahlawan kebersihan di Insantama yaitu bapak-bapak OB. Upacara juga dimeriahkan dengan tampilan “Clean Man” yang terdiri dari siswa-siswa kelas 6.

Antusiasme siswa dalam menyambut lomba kebersihan antar kelas terlihat sekali dari semangat mereka membawa berbagai alat kebersihan seperti lap, kemoceng, sapu bahkan ada yang membawa vaccum cleaner. Beberapa siswa yang lupa membawa alat kebersihan terlihat kecewa meski mereka tetap bisa ikut berpartisipasi dengan memakai alat kebersihan yang ada di kelas atau menjadi bagian yang merapikan barang-barang di kelas. Setelah upacara, siswa beristiharat dan makan snack.

Pukul 08. 30 WIB, kegiatan dilanjutkan dengan shalat dhuha dan BSI (Bina syakhsyiyah Islam). Dalam BSI, guru menyampaikan tentang tema kebersihan: apa itu arti kebersihan, apa saja yang menjadi cakupan dalam kebersihan, bagaimana Islam menganjurkan seorang muslim untuk menjaga kebersihan dan bagaimana cara menjaga kebersihan itu sendiri. Setelah itu, siswa disajikan video tutorial cara menjaga kebersihan kelas. Video hasil kreativitas guru-guru yang diamanahi menjadi petugas PT hari ke 2. Dalam video tersebut ditunjukkan tutorial bagaimana seharusnya siswa setelah makan snack, bagaimana merapikan karpet, cara membuang sampah, cara menyapu lantai dan cara mengepel.

Pukul 09.30, suasana riuh penuh semangat ketika bel berbunyi tanda lomba membersihkan kelas tiba. Semua siswa di tiap kelas bergegas membagi tugas. Ada yang mengelap kaca, merapikan barang-barang di kelas, ada yang menyapu dan ada juga yang bertugas mengepel. Untuk kelas rendah yaitu kelas 1, 2 dan 3, siswa bekerjasama bersama dengan guru kelasnya, sedangkan kelas tinggi yaitu kelas 4, 5, dan 6, mereka secara mandiri bekerjasama di antara siswa saja. Satu jam berjalan, siswa bekerjasama melaksanakan tugasnya dengan semangat.

Pukul 10.30 bel berbunyi, suasana semakin histeris karena tanda kerja membersihkan kelas berakhir. Saatnya juri melakukan penilaian. Juri yang ditunjuk di tiap angkatan mulai menilai hasil kerja keras tiap kelas dimulai dari kelas A sampai ke kelas akhir di angkatan tersebut. Ketika penilaian berlangsung, siswa diminta berbaris di luar kelas, agar juri dapat fokus menilai seluruh sisi kelas.

Suasana mengharukan terlihat di depan semua kelas. Siswa-siswa berharap mereka akan memenangkan perlombaannya. Terlihat siswi-siswi akhwat 2E, mereka berdoa bersama dipimpin oleh Aeryl. Setelah membacakan surat Al Fathihah, mereka berdoa “ Ya Allah, semoga 2E menang. Ya Allah, kabulkanlah doa kita, ya Allah” ucap mereka dengan kompak dan penuh harap.

Kegiatan PT hari kedua telah memberikan kesan yang mendalam pada siswa tentang kenyamanan yang dapat mereka rasakan dari lingkungan yang bersih. Mereka juga mempraktikkan langsung tentang bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan dan bagaimana mereka dapat bekerjasama dalam menyelesaikan tugas membersihkan lingkungan. Demikian juga, siswa semakin paham bahwa kebersihan bukan tanggung jawab bapak-bapak OB saja tetapi tanggung jawab semua warga sekolah.[]