Sebagai bentuk kesungguhan sekolah dalam membantu para orang tua dalam pendidikan anak, SDIT Insantama Bogor melaksanakan Parent Training: Sinergi Orang Tua dan Sekolah Membentuk Generasi Penakluk Masa Depan bagi orang tua calon siswa baru selama dua hari, 28 dan 29 April 2018 di Aula Masjid Al Muslihien, Bogor.

Dalam training yang dihadiri 230 peserta tersebut dibahas beberapa hal. Pertama, peran ayah dan bunda mewujudkan suasana rumah yang harmonis, penuh cinta mawaddah warahmah yang disampaikan Direktur Pendidikan Yayasan Insantama Cendekia (YIC) Dr. Muhammad Rahmat Kurnia.

Kedua, sistem pendidikan di Insantama sebagai sekolah yang akan membantu orang tua untuk membentuk peserta didik yang memiliki karakter Islam, bekal tsaqafah keislaman, ilmu kehidupan serta sain yang disampaikan oleh Direktur Pelaksana SIT Insantama Ir. Muhammad Adhi Maretnas.

Sedangkan hari kedua melengkapi pembahasan terkait dengan bagaimana mendidik anak dan bagaimana berkomunikasi dengan anak. Pada bagian ini, Dr. Rahmat Kurnia membeberkan konsep dan teknis praktis berbicara dan mendidik anak,  hal apa saja yang harus dilakukan dan hal apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh para ortu terhadap anak-anaknya.[]