Dalam pembukaan Festival Pesona Insantama Cilegon (FPIC), Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, H Wandi menyatakan Insantama harus dicontoh sekolah lain. “Apa yang dilakukan oleh Insantama hari ini harus dicontoh oleh sekolah-sekolah lain di wilayah yang saya pimpin. Mereka harus bangun dan bergerak membuat kreativitas semacam ini,” ujarnya, Rabu (19/12/2017) di SIT Insantama Cabang Cilegon, Jalan Kubanglaban No 1, Panggung Rawi, Kec. Jombang.

Ia juga menyampaikan harapan dan doa agar Insantama semakin tumbuh berkembang, “Semoga nanti semua tanah di sekitar sini dikuasai Yayasan Insantama semua,” doanya yang kemudian diaminkan hadirin.

Wandi pun mengajak para orang tua yang hadir pada kesempatan itu ikut bersama-sama mendukung Insantama dalam mengembangkan pendidikannya. Ia juga mengungkapkan seandainya memiliki putra yang masih usia sekolah dasar atau menengah akan memasukkannya ke Insantama.

Setelah dibuka secara resmi, maka dimulailah rangkaian kegiatan lainnya yang meliputi Bazaar, Insantama Market Day (IMD), Lomba Anak Shalih, dan Outbond for Muslim Kids yang berlangsung hingga 22 Desember.

Bazaar dan IMD

Bazaar yang diikuti oleh para pelaku UMKM dan IMD yang para pedagangnya siswa kelas 4 hingga SMP langsung diserbu pengunjung,.  Tidak hanya berdiam diri di stan jualannya, para siswa juga aktif berkeliling menawarkan dagangannya ke para pengunjung FPIC. Hingga berakhirnya acara pada pukul 12.30, dagangan mereka laris manis tak banyak bersisa.

Outbond

Para siswa TK yang terdiri dari 13 kelompok dari TK dan RA di Kota Cilegon dengan didampingi para guru mereka, sangat antusias memulai perlombaan outbond. Ada yang berbeda pada outbond kali ini. Para peserta diberikan fasilitas naik delman keliling lingkungan sekitar sekolah, semacam tour de kampoeng mengendarai delman.

Lomba Anak Shalih

Lomba anak shalih kali ini terdiri dari cabang tahfidz, mewarnai kaligrafi dan hafalan doa-doa harian.Meski hanya diikuti oleh 10-15 orang setiap cabangnya tapi tidak mengurangi kemeriahan, kekhidmatan dan antusias peserta, guru pendamping dan orang tua. Peserta tampil di atas panggung kecil yang disediakan di halaman SDIT yang juga berfungsi sebagai panggung kemeriahan untuk IMD.[]

Sosialisasi Pelestarian Lingkungan dengan Empat Kegiatan

Ada empat rangkaian kegiatan yang dilakukan SIT Insantama Cilegon dalam kegiatan Save Our Earth (SOE): Lestarikan Lingkungan Insantama, Jum’at (23/2). Setelah melaksanakan shalat Dhuha dan Bina Syakhsiyah Islamiyah (BSI), tepat pukul 09.00 seluruh rangkaian kegiatan dimulai di tempat yang berbeda.

Bertempat di aula multifungsi, seluruh siswa kelas 1 dan 2 nampak antusias mengikuti lomba mewarnai poster lingkungan.

Tak kalah seru, nampak pula beberapa siswa kelas 3 asyik mencangkul tanah dalam rangka pembuatan apotik hidup. Selain pembuatan apotik hidup, sebelumnya siswa dijelaskan oleh Pak Sayuti sebagai penanggung jawab farming mengenai apa itu apotik hidup dan fungsi apotik hidup.

Selain itu,  siswa kelas 4 pun nampak sibuk membuat maket sederhana yang juga bertemakan lingkungan. Lingkungan yang sehat diilustarikan oleh siswa ke dalam maket yang mereka buat.

Kegiatan terakhir yang menjadi rangkaian kegiatan SOE adalah sosialisasi mengenai lingkungan hidup oleh tim penyuluh dari Kementerian Lingkungan Hidup berkerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diikuti oleh guru, siswa kelas 5 dan 6.[]