Arfa Rafifa Abidin: Juarai Catur O2SN Tingkat Kota Bogor

43

Pembawaannya kalem dan terkesan pendiam. Namun siapa nyana, dibalik itu semua tersimpan potensi yang luar biasa, utamanya dalam bidang olahraga catur. Itulah Arfa Rafifa Abidin, siswa yang baru menginjak kelas IV B SDIT Insantama ini telah berhasil meraih juara 1 kejuaraan catur dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kota Bogor kategori kelompok siswa putri, tepatnya pada tanggal 6 April 2018 yang lalu. Ananda Arfa, begitu biasa dipanggil oleh teman-temannya ini sebelumnya juga berhasil menjuarai kejuaraan serupa di tingkat Kecamatan Bogor Barat.

Siswa yang mengaku mulai tertarik olahraga olah otak sejak kelas II ini karena melihat kakak kelas yang bermain catur. “Sepertinya asyik bermain catur Itu, tidak banyak gerak tapi harus pandai adu strategi,” begitu Arfa memberi alasan ketika ditanya mengapa tertarik dengan olahraga catur. Oleh orangtuanya, Bapak Asep Abidin dan Ibu Ira Fitriana, bakat yang dimiliki Arfa akhirnya tercium dan untuk mengasah lebih lanjut kemampuannya bermain catur, Arfa dimasukkan je dalam klub olahraga catur di Yunior Mandiri Chess Club (YMCC) Bogor.

Namun, ada kebijakan Dinas Pendidikan Kota Bogor yang tidak membahagiakan bagi Arfa. Tahun ini, Kota Bogor tidak mengirimkan perwakilan olahraga catur ke tingkat provinsi, entah apa alasannya. Padahal bagi Arfa, kesempatan untuk bertanding di tingkat provinsi sangat didambakannya. Apalagi bila berhasil menjuarainya, tentu akan menjadi perwakilan Provinsi Jawa Barat untuk bertanding di level nasional. “Semoga tahun depan, kesempatan itu akan datang,” harap Arfa yang tidak putus semangat. Siswa yang baru genap berusia 11 tahun pada 24 Oktober 2018 nanti ini, akan terus berlatih untuk lebih mempertajam kualitas bermain caturnya.

Di akhir obrolan, Arfa yang bercita-cita ingin menjadi profesor dan sangat menyukai pelajaran bahasa arab ini, mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, utamanya kepada orangtua, Bapak Ibu guru di SDIT Insantama, dan juga teman-temannya yang selalu mendukung dan mendoakannya. Terima kasih Arfa, kami menunggu prestasi terbaik Antum lagi. Semoga Allah SWT memberikan keberkahanNya buat Antum… (NH. Tono)