Sidang Tahfidz; Ajang Meraih Ridha Allah Swt dengan Al-Qur’an

0
306

Pagi yang penuh barokah dan keceriaan, para siswa SIT (Sekolah Islam Terpadu) Insantama berbondong-bondong memenuhi MPI (Masjid Pendidikan Insantama) lantai 2. Sabtu, 09 September 2023 diadakan sidang tahfidz periode pertama semester ini. Sebanyak 108 santri terdaftar melakukan registrasi di tempat yang telah disediakan panitia.

Para siswa dari tingkat SD, SMP dan SMA  menyibukkan diri mengulang-ngulang hafalan sembari menunggu antrian. Pukul 07 30 WIB, saat agenda dimulai, suasana masjid bertambah syahdu tatkala surat An-naba’ dibacakan bersama-sama oleh semua peserta sidang tahfidz yang memenuhi shaf-shaf masjid.

Sidang tahfidz sebagai ajang pengujian hafalan santri adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh para santri SIT Insantama. Karena pada kesempatan ini, hafalan yang sudah disetorkan setiap kali jadwal tahfidz berlangsung akan diuji untuk dinyatakan lulus atau mengulang. Bagi yang lulus akan mendapatkan sertifikat kelulusan hafalan.

Ustadz Fuad selaku koordinator bidang tahfidz memimpin do’a bersama sebelum para santri menuju majelis sidang tahfidznya masing-masing. Hal ini dilakukan semata mengharap rida Allah Swt dan juga agar para peserta sidang tahfidz diberi kemudahan dalam mengikuti pengetesan kali ini.

Sebanyak 21 majlis sidang tahfidz dipersiapkan dengan masing-masing dua orang penguji. Satu majlis terdiri dari enam sampai delapan peserta. Adapun juz Al-Qur’an yang diujikan pada kesempatan kali ini terdiri dari juz 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 29, 30 dan ayat-ayat pilihan.

Akhirnya, waktu pengetesan tiba. Para peserta diarahkan menuju majlis masing-masing sesuai ketentuan panitia berdasarkan hafalan mereka. Setelah pengetesan selesai, para santri kembali membawa form penilaian sidang tahfidz ke meja registrasi, sebagai pertanda mereka sudah selesai diuji.

Semoga dengan diadakannya agenda sidang tahfidz ini, semakin meningkatkan kecintaan dan kualitas hafalan Al-Qur’an para santri SIT Insantama. Karena semakin sering mereka berinteraksi dengan Al-Qur’an, apakah itu dengan membaca, menghafal, mempelajari dan mengamalkan isi Al-Qur’an, tentu akan bertambah pula kebaikan dalam diri dan yang terpenting, ridha Allah Swt akan senantiasa membersamai.