Perpustakaan: Surganya Sekolah

0
308
foto

Di hari-hari pembelajaran, hari Senin – Jumat, setiap istirahat perpustakaan selalu penuh oleh siswa Insantama yang menggunakan waktu luangnya. Tercatat setiap harinya tak kurang dari 120 siswa SIT Insantama Bogor berkunjung ke perpustakaan. Itu belum termasuk siswa dan guru yang menggunakan perpustakaan sebagai tempat dan sarana belajar.

Melihat antusiasme siswa yang luar biasa tersebut, Bu Rodiah, pengajar qiro’ati senior di Insantama Bogor berkomentar “Perpustakaan nampaknya menjadi surga di sekolah ya, anak-anak yang main ke perpustakaan lebih banyak dibandingkan tempat lain”.  Hal ini tentu menjadi kegembiraan tersendiri bagi banyak kalangan.  Bagi orang tua, hal ini merupakan kegembiraan, karena perpustakaan adalah tempat belajar dan pusat ilmu.  Tentu orang tua akan sangat senang jika sejak dini anak-anaknya tertarik dengan ilmu.  Bagi Kepala Sekolah, hal ini adalah pertanda minat baca siswa meningkat.

Diharapkan meningkatnya minat baca akan berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi siswa. Bagi Kepala & staff Perpustakaan tentu hal ini juga merupakan kegembiraan karena layanan yang disediakan bisa dimanfaatkan secara optimal dan maksimal. Untuk melayani seluruh siswa, Perpustakaan Insantama memiliki koleksi sebanyak 2.330 judul buku.

Tidak hanya itu, sebagai pusat rekresasi edukasi sekolah, di Perpustakaan terdapat 8 komputer untuk siswa, TV, alat peraga pembelajaran, Ular Tangga Literasi raksasa, aneka puzzle dan masih banyak alat permainan edukatif lainnya. Selain itu, pada waktu-waktu tertentu, tak jarang di perpustakaan ditayangkan film-film islami untuk dinikmati para pengunjungnya.

Sebagian besar koleksi buku perpustakaan disesuaikan dengan minat siswa juga dengan memperhatikan trend buku yang sedang update.  Buku komik pengetahuan sangat diminati siswa, meski harus mengeluarkan anggaran yang cukup besar, demi memanjakan minat baca siswa, buku ini disediakan di perpustakaan dengan jumlah yang melimpah.  Selain buku bergenre komik, masih banyak koleksi buku yang diminati siswa seperti novel, ensiklopedi dan lain-lain.

Meski jumlah pengunjung sudah mencapai target, perpustakaan Insantama terus berinovasi dan berimprovisasi untuk menghadirkan ruangan yang nyaman, tempat belajar yang mendukung serta juga menjadi tempat bermain yang dirindukan.  Hal ini sseuai dengan moto Perpustakaan Insantama yaitu perpustakaan yang menginspirasi dan tak henti berinovasi.