Visiting Kelas 2: Star Farm yang Menantang

0
415

Seru, menantang sekaligus dapat ilmu. Itulah pengalaman siswa kelas 2 SDIT Insantama Bogor mengikuti visiting. Pada hari Rabu (31/01/2024), Star Farm Agrowisata, agrowisata peternakan sapi terpadu dengan fun games berlokasi di Ciherang, Dramaga, Bogor menjadi lokasi visiting. Tujuan visiting kali ini untuk mengenal keberagaman dan mendapatkan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman.

Tiba di Star Farm, siswa kelas 2 disambut oleh tim pendamping dari Star Farm dan terbagi dalam 2 kelompok besar yaitu kelompok ikhwan dan akhwat. Kelompok ikhwan akan beraksi dengan rute dari wahana jembatan gantung – wahana edukasi peternakan – benteng Takeshi – tarik tambang di lumpur. Sedangkan kelompok akhwat akan beraksi dengan rute wahana edukasi peternakan – benteng Takeshi – tarik tambang di lumpur – jembatang gantung.

Di wahana jembatan gantung, siswa diuji nyalinya untuk melintasi jembatan gantung di atas sungai. Jembatan dengan ketinggian kurang lebih 5 meter dicapai dengan memanjat jaring-jaring terlebih dahulu. Sebagian besar siswa bisa melewati tantangan ini. Untuk siswa yang merasa takut memanjat jaring, mereka difasilitasi dengan tangga di sisi lain jembatan, sehingga siswa tetap bisa merasakan berjalan di jembatan gantung.

Di wahana edukasi peternakan, siswa dikenalkan jenis-jenis sapi, bagaimana cara merawat sapi dan memerah susu sapi. Meskipun aromanya kurang sedap, sebagian besar siswa terlihat antusias di wahana ini termasuk mereka mau mencoba memerah sapi. Siswa juga bisa melihat ragam hewan lainnya seperti kalkun, rusa, burung dan angsa.

Di wahana benteng Takesi, siswa disuguhi rintangan-rintangan yang menantang. Rintangan-rintangan berupa jempatan di atas kolam lumpur. Jembatannya dibuat beragam. Ada jembatan kayu dengan penyangga beton sehingga lebih kokoh, ada juga jembatan dengan penyangga tong plastik yang dilengkapi tali pegangan dan yang tidak dilengkapi tali pegangan. Terlihat beberapa siswa yang tidak seimbang akhirnya harus tercebur ke dalam kolam.

“Ana mau coba lagi!” seru Adela 2E dengan semangat menaiki jembatan tong meski sudah tercebur ke dalam kolam lumpur.

Di wahana tarik tambang dalam lumpur, siswa ditantang keberanian dan kekompakan di antara anggota kelompoknya. Kerjasama dan semangat yang baik dalam kelompok menjadikan kelompok tersebut akan menjadi pemenang. Tim pendamping dari Star Farm dan guru PAK mengawal kegiatan dengan baik. Keseruan kegiatan visiting di Star Farm menjadi pengalaman yang berkesan di hati para siswa.[]