Setelah menikmati libur Lebaran, menjelang sore hari ini (17/06), para santri IBS Insantama mulai kembali ke asrama. Dengan diantar oleh orang tua mereka, tampak sebagian santri menjinjing tas baju dan buku, juga tidak ketinggalan kue-kue lebaran.

Selepas sholat maghrib, para santri dan asatidz memanfaatkan momen pertemuan pertama di bulan syawal ini halal bihalal saling bermaaf-maafan. “taqoballahu minna wa minkum, semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita di bulan puasa kemarin” Kata salah seorang pengurus IBS, dalam pengantarnya. “jika ada kata dan sikap yang kurang berkenan dari tim boarding, mohon untuk dimaafkan..” lanjut beliau.

Setelah para santri dan asatidz saling bersalaman dan memaafkan, mereka kembali ke kamar masing-masing. Para santri ini saling berbagi dan menikmati makanan yang mereka bawa dari daerah masing-masing.

Liburan lebaran kali ini memang agak berbeda dengan liburan di tahun-tahun sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya, liburan lebaran ini berbarengan dengan liburan akhir tahun sekolah, tidak halnya di tahun sekarang. Setelah menikmati liburan, para santri SMA khususnya, harus kembali ke sekolah untuk mengikuti Ujian Akhir Semester. Bahkan mereka harus menuntaskan Ujian Boarding yang tahun ini, tidak hanya terdiri dari ujian tsaqofah dan bahasa Arab saja, akan tetapi juga ujian praktek, berupa tata cara wudlu, sholat, dzikir dan do’a dan juga tahfidz.

“Waktu liburan lebaran kemarin, yang lain menikmati liburan, anak saya masih buka-buka buku pelajaran” keluh salah satu orang tua.

Walaupun demikian, para santri ini akan kembali menikmati liburan panjang, berupa liburan akhir tahun, setelah dua minggu-an bersekolah. Di saat itu, mereka akan pulang ke kampung halaman masing-masing. Mereka akan kembali ke asrama di pertengahan bulan Juli, di kelas yang berbeda.

Bagi kelas 12 dan kelas 9 yang tidak melanjutkan di Insantama, bulan syawal ini adalah bulan syawal terakhir mereka di Insantama. Selepas ISM (Insantama Special Moment), Mereka akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi, sekaligus berkiprah di komunitas mereka masing-masing, dengan ilmu dan keterampilan yang sudah mereka peroleh selama di Insantama.

Semoga di manapun para alumni ini beraktifitas, mereka senantiasa berpegang teguh pada nilai-nilai Islam serta kebiasaan baik yang selama ini dilakukan di Insantama. Dan semoga setiap pahala dari amal baik yang para santri lakukan juga mengalir juga kepada para pendidik mereka, khususnya di Insantama. Aamiin (Kur)