Keseriusan dan kesungguhan para guru untuk terus belajar tampak pada program pelatihan, upgrade dan standarisasi kualitas SDM yang diselenggarakan oleh Direktorat SDM Sekolah Islam Terpadu Insantama Pusat.

Berbagai ilmu dan pengalaman oleh para pemateri menjadi motivasi tersendiri bagi para peserta yang diikuti oleh SDM Pusat dan Cabang. Tidak pandang usia mengajar, guru-guru yang telah mengenyam lika-liku dunia pendidikan dan sekolah bahkan lebih dari 5 tahun tetap menunjukkan sikap antusias dan semangat untuk terus menimba ilmu.

Program ini merupakan kelanjutan rangkaian program pelatihan yang telah dilaksanakan pada semester ganjil yang lalu pada tahun ajaran 2017-2018. Periode kali ini yaitu periode 4 dan 5 untuk pelatihan paket dasar. Periode ke-4 dilaksanakan pada tanggal 20-31 Januari 2018 dan Periode ke-5 dilaksanakan pada 22 Februari- 3 Maret 2018 dengan total waktu tatap muka mencapai 36 jam per periode. Peserta diikuti oleh SDM SDIT, SMPIT dan SMAIT Insantama Pusat dan SDM Cabang, seperti Pontianak, Pangkal Pinang, Serang, dan Banjar.[]MA