IMD SDIT Insantama Bogor ke-2: Meneladani Rasulullah SAW, Berniaga Sejak Belia

0
764

Umi Abi ana ingin berniaga
Seperti (Sayyidina) Muhammad mulia saat muda
Bapak ibu guru ajarkan caranya
Bersahaja dengan dunia
Meraih halal, untung dan berkah
Belajar berniaga sejak belia
Di sekolah para juara
Di sekolah Insantama
Insantama Market Day kita bersama
Belajar jual beli sangat berguna
Pembeli sholih mendapatkan pahala
Pedagang jujur dapat surga

Suara merdu jingle Insantama Market Day (IMD) menggema di panggung, Selasa (21/2/23). Lantunan indah tersebut dinyanyikan oleh ananda siswa-siswi kelas 1D SDIT Insantama Bogor.

IMD secara sederhana bisa dimaknai sebagai “jualan di sekolah”. Meskipun acaranya hanya setengah hari, akan tetapi ananda mendapatkan pembelajaran dan pengalaman yang sangat luar biasa. IMD adalah salah satu program unggulan sekolah yang digelar rutin setiap semester untuk mengenalkan siswa bagaimana berniaga sesuai aturan Islam.

Pembukaan IMD dilaksanakan di lapangan tengah SDIT Insantama Bogor. Acara pembukaan tersebut dipandu oleh pak Ayung sebagai MC. Semangat dan antusias terlihat dari para ananda yang sudah tidak sabar ingin menyaksikan tampilan pembukaan di acara tersebut.

Acara yang dikemas dengan sangat apik dan menarik membuat semakin meriah. Kemeriahan dan keseruan dengan adanya tampilan drama tentang adab berjual beli secara islami yang diperankan oleh para bapak guru.

“Di kegiatan IMD siswa melakukan jual beli dengan sikap jujur, teliti, berani menawarkan dagangan mereka kepada para pembeli, dan barang yang dijual harus halal dan thoyyib. Ada qodhi yang senantiasa memantau jalannya aktifitas jual beli dan mengecek barang-barang yang dijual sehingga aktivitas jual beli yang baik tersebut menjadi berkah,” ujar pak Asra pada sambutan pembukaan IMD tersebut.

Acara berikutnya, para penjual dan pembeli bersama-sama membaca doa masuk pasar yang dipandu oleh pak Ayung selaku MC. Dilanjutkan dengan memasuki area pasar IMD yang berada di lapangan SIT Insantama Bogor bagi para penjual, kemudian disusul dengan para pembeli secara tertib.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas 1 sampai kelas 6, guru, staff, dan orang tua (Abi Umi) yang tentunya tidak ketinggalan ingin membeli dan menikmati makanan atau jualan dari para ananda.

Ada beberapa stand yang ada di Pasar IMD ini, yaitu mulai dari makanan, berbagai jenis minuman, ATK (Alat Tulis Kantor), stand tanaman dan ikan hias, serta ada yang terbaru yaitu stand buku “Kisah Berhikmah di Sekolah” hasil karya para ananda dan guru di klub bahasa.

Tepat pukul 09.00 bunyi sirine menandakan resmi dibukanya kegiatan IMD, yang dibuka oleh Pak Fadjar, Kepala SDIT Insantama Bogor. Selanjutnya para ananda dengan segera melakukan aktivitas jual beli. Selain ada kegiatan jual beli, ada pula panggung IMD yang menampilkan beberapa tampilan dari masing-masing kelas untuk menghibur para penjual dan pembeli.

Alhmdulillah beberapa rangkaian pada kegiatan IMD ini berjalan dengan baik dan lancar. Acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Pak Sunardi. Semoga dengan adanya acara ini menjadikan para anandas dapat berdagang dengan cara yang baik sesuai dengan aturan Islam. Termasuk juga belajar berkalkulasi terkait untung rugi dari kegiatan berdagang dan mampu membentuk karakter enterpreneur muslim yang taat dan unggul dengan belajar berniaga sejak belia. Aamiin.[]