To Be Chef, Bukber, Mabit dan Khatmul Qur’an Kelas 6

0
1326

Setiap hari Senin dan Kamis siswa kelas 6 SDIT Insantama Bogor sudah dibiasakan untuk melaksanakan shaum sunnah. Hal ini sudah menjadi bagian dari aturan tertulis di angkatan kelas 6 agar siswa dapat belajar menjalankan shaum sunnah secara serentak dan istiqamah mulai dari kelas 6 A, B, C dan D.

Kamis 5 Maret 2020, siswa beserta bapak dan ibu guru melaksanakan 3 rangkaian agenda: Buka Bersama (Bukber), To Be Chef, Mabit dan Khatmul Qur’an. Empat serangkaian agenda tersebut digabung menjadi satu. Agenda yang sangat luar biasa, yang dikemas cukup menarik.

Agenda ini diawali dengan acara To Be Chef pada hari Kamis, setelah pembelajaran qiroati, dan dimulai pada pukul 13.00 WIB. Pelaksanaan acara To Be Chef ini dilakukan secara berkelompok berdasarkan kesepakatan siswa yang sudah dibentuk beberapa hari sebelumnya. Tiap-tiap kelompok bebas menentukan menu sendiri yang akan dimasak saat acara To Be Chef yang sudah disetujui oleh guru kelasnya.

Ada berbagai macam menu masakan yang dimasak oleh siswa saat acara To Be Chef. Menu masakan tersebut antara lain, ada Bakso, Ayam Geprek, Pecel Lele, Nasi Goreng, Nasi Kuning, Tumis Kangkung, Teriyaki, dan masih banyak yang lainnya. Selain masakan, ada makanan dan minuman pembuka yang dibuat oleh siswa sebagai Takjil (mengawali berbuka) yaitu ada Kolak Pisang, Salad Buah, Lemon Tea, Es Teh, Puding, Es Buah, Brownies Kukus, Pisang Cokelat Keju dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tepat pukul 16.30 WIB siswa sudah selesai melaksanakan agenda tersebut, kemudian beres-beres dan membersihkan peralatan masak yang telah dipakai. Selanjutnya siswa langsung bersih diri, Shalat Ashar dan berkumpul di Aula SDIT Insantama.

Di Aula tersebut siswa sudah duduk rapi membentuk lingkaran per kelompok untuk melaksanakan agenda berikutnya yaitu Khatmul Qur’an yang dipandu oleh Pak Anto selaku guru kelas 6. Setelah acara Khataman selesai maka acara pun ditutup dengan membaca do’a.

Acara Khataman selesai bertepatan dengan kumandang Adzan Maghrib, kemudian siswa melakukan buka puasa dengan makanan pembuka yang sudah disiapkan oleh Panitia.
Siswa dan para bapak – ibu guru berbuka puasa dengan minuman hangat, salad buah dan kurma. Setelah itu baru Shalat Maghrib berjamaah di Masjid Pendidikan Insantama (MPI).

Setelah Shalat Maghrib berjamaah, maka acara berikutnya adalah buka bersama. Siswa berbuka puasa dengan menikmati masakan yang telah dibuat sendiri per kelompok saat acara To Be Chef, dan sebagian hasil masakan siswa juga digunakan sebagai bahan penilaian yang dilakukan oleh para bapak, ibu, perwakilan dari manajemen dan perwakilan dari FOSIS sebagai jurinya untuk menilai hasil masakan siswa. Hasil masakan siswa sungguh luar biasa dan disajikan dengan cara yang menarik, dan unik. Yang amazing and surprise adalah masakan dari siswa ikhwan tak kalah sedap dan menariknya, jika dibandingkan masakan siswa akhwat. Aneka jenis minuman kreasi mereka pun wow… masyaa Allah alhamdulillah ….

Pukul 08.00-22.00 WIB
beberapa rangkaian kegiatan sudah selesai dikerjakan oleh siswa. Selanjutnya ada agenda yang lebih seru tapi santai, yaitu siswa bermain sambil menikmati hidangan makanan ringan dan beberapa jenis minuman yang telah disediakan oleh panitia. Ada Stand makanan dan minuman yang khusus disediakan untuk siswa. Adapun jenis-jenis minuman yang ada di stand tersebut antara lain minuman kopi, teh, susu, cokelat dan yang lainnya, dan makanan ringan yang secara populer disukai siswa yaitu popcorn dengan bumbu baladonya.

Waktu semakin larut dan menunjukkan pukul 22.00 WIB. Selanjutnya, tibalah saat siswa harus beristirahat, karena pada hari Jum’at pukul 03.30 WIB siswa harus bangun dan melaksanakan Shalat Malam bersama di Aula dan dilanjutkan dengan Shalat Subuh berjamaah, Tadarus Al Qur’an dan dilanjutkan dengan Kultum, yang kesemuanya dilaksanakan oleh siswa. Setelah itu siswa harus bersiap-siap, beres-beres dan bersih-bersih sekaligus memakai seragam Pramuka kemudian dilanjutkan dengan sarapan pagi.

Beberapa rangkaian acara Mabit sudah dilaksanakan oleh siswa, mulai dari To Be Chef, Bukber, Khatmul Qur’an, Shalat Malam bersama, dan Kultum. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan pembelajaran yang sangat menarik, menyenangkan dan luar biasa bagi siswa. Selain itu, hal ini juga menjadi sebuah pembelajaran yaitu siswa semakin bertambah disiplin, mandiri, bertanggung jawab, dan tentunya semakin bertambah shalih dan shalihah. Insyaa Allah, aamiin …..