Team Building 2 : Menara Rotan Tantangan Berat, Hadapi!

0
82

Barisan siswa berseragam abu olahraga hadir mengisi lapangan terbuka. Meski saat itu mentari malu berseri lantaran awan menutupinya dengan warna kehitaman namun tak mengurungkan niat kami melaksanakan kegiatan Team Building 2 (TB 2).

Para peserta diuji dengan serangkaian aktivitasnya. Kesolidan antar teman dalam satu tim dipertaruhkan.

Pembuatan menara rotan menjadi saksi tentang kesolidan tim perkelasnya dalam kegiatan ini. Bagaimana tali menghubungkan satu sama lain dengan batang-batang rotan yang dibuat memanjang. Kemudian rotan-rotan yang bersambung itu harus mampu diberdirikan dengan cara ditahan oleh tali-tali penopangnya yang dipegang para peserta dalam satu tim.

Fenomena jatuh bangun dianggap biasa dalam mendirikan menara rotan. Betapa tidak? Tantangannya semakin besar, dimulai dari level 1 dengan ketinggian sekitar 3 meter, hingga level 3 sebanyak 5 rotan harus diberdirikan, dengan ketinggian sekitar 6-7 meter. Selama berkeyakinan berhasil maka segalanya bukan menjadi hambatan.
Meski terjadi pengurangan target di level 3 pada TB 2 kali ini, namun peserta tetap semangat.

Sebelumnya, peserta berada dalam Auditorium sekolah. Membuat konsep menara dan stateginya dalam bentuk gambar yang dirancang kemudian mendiskusikannya. Termasuk pembuatan bendera yang akan dikibarkan di menara rotan ketika berhasil didirikan.

Bendera pun memiliki lambang yang dirancang oleh peserta dalam sebuah tim, mereka harus mampu menjelaskan lambang bendera tersebut. Ditambah pembuatan yel-yel sebagai mood booster dalam tim, . Serangkaian hal tersebut dihadirkan kembali ketika kegiatan di lapangan, Dalam Team Building 2, Rabu, 28/2/2024 di Pondok Cengek 2 Bogor. Sementara siswi akhwat kegiatan TB 2 di Plaza Sekolah.

“Kegiatannya seru banget, dan pesan dari ana agar kelas X-3 agar lebih solid lagi,” salah satu pesan yang disampaikan ananda Dzaky mewakili kelasnya dalam evaluasi tim.

Usai kegiatan para peserta kembali ke Auditorium. Peserta melakukan evaluasi TB 2, disambung guru pembina memberikan motivasi dari kegiatan tersebut.

Tak cukup kegiatan berjalan tanpa penghargaan, hadiah sebagai hasil capaian kelompok atau tim pun kami diberikan. Tercatat juara di ikhwan yel-yel terbaik, kelas X-1, akhwat, X-6. Desain dan filosopi bendera terbaikX-2, akhwat,  X-4. Dan menara tertinggi, X-3, akhwat, X-6. Adapun juara kelompok, tercepat, X-1, akhwat X-5.Tergigih, X-2, akhwat X-4. Terheboh, X-3, untuk akhwat diubah katagori menjadi terencana, X-6.

Kegiatan TB 2 ditutup dengan keceriaan peserta dengan diberikannya penghargaan berupa hadiah, mereka telah berjibaku menghadapi tantangan berat, sebagai pembelajaran kesolidan kelompok.