Team Building 2: Ujian Kesolidan Tim Menggapai Keberhasilan

0
164

Aksi seru Team Building 2, di bawah mentari pagi yang menyinari lapangan bebatuan dimana siswa kelas X melakukan kegiatannya. Demi sebuah pencapaian kesolidan tiap tim, yaitu dengan cara mendirikan menara rotan. Selasa, 27/9/2022, di lapangan baru Insantama.

Team Building 2 adalah kegiatan kesiswaan, siswa menyusun menara dari rotan bersama timnya. Tim terdiri antar teman satu kelasnya. Sebelum kegiatan inti tersebut, para peserta membuat yel-yel penyemangat terlebih dahulu. Agar energi kelompok melekat pada tiap diri dalam menjalankan tugas beratnya itu.

Disambung membuat sketsa menara yang tergambar pada karton dengan spidol. Bagaimana sesama tim ini mengonsep rancangan agar menara dapat berdiri tegak menjulang ke langit. Sketsa pun dipresentasikan di hadapan seluruh peserta. Sambil meneriakkan yel-yel terlebih dahulu. Menguji kekompakan tiap tim yang berpengaruh terhadap penilaian. Yel-yel pun sebuah poin tersendiri, mereka harus mampu menampilkan yang terbaik.

Dalam presentasi antar tim, hal ini menunjukkan konsep kelompoknya. Melihat kesiapan untuk mendirikan menara rotan. Tujuannya agar tiap tim mampu mengutarakan ide dari mendirikan menara rotan, baik secara teknis maupun filosofis. Tim yang mampu menyajikan yang terbaik, berpeluang menjadi juara dalam masalah presentasi ini.

Tibalah kegiatan inti. Semua peserta diuji kekompakannya dalam satu tim. Mereka harus mendirikan menara rotan yang disambung-sambung dengan tali menjadi satu. Segala keluh-kesah, suka-duka dirasakan. Lantaran harus menjaga keseimbangan rotan agar tegak dengan tali yang ditarik dan ulur oleh tim peserta. Harus ada satu komando, kekompakan, dan kesabaran antar tim. Hal yang tak mudah, di sinilah Team Building 2 reaksinya dirasakan. Tak jarang jatuh bangun menara terjadi. Di bawah terik matahari menjelang siang, mereka harus bersabar menjalani proses. Hingga menemukan titik keberhasilannya.

Menara yang mampu berdiri tegak menjulang ke langit lebih awal, tim itu sebagai juaranya.

Usai kegiatan lapangan, momen evaluasi dan pemberian reward dilaksanakan. Guru pendamping dan peserta memberikan komentar kegiatan. Setiap tim ada perwakilannya untuk menyampaikan unek-unek yang dirasakan atau dialami selama berlangsungnya kegiatan.

Tak ketinggalan, hal yang dinanti saatnya pemberian hadiah dari jerih payah tim, tiba. Reward diberikan. Penting sebagai motivasi agar siswa dapat terus berprestasi. Adapun juara Ikhwan: yel-yel (X-3), presentasi (X-3), dan menara (X-2). Sementara akhwat: yel-yel (X-5), presentasi (X-4), dan menara (X-6).

Semoga dari kegiatan Team Building 2 ini, anandas tersentuh karakternya, menjadi manusia yang peduli dengan sesamanya, solid, saling membantu dan mampu bekerja sama ketika berinteraksi dengan sesama, baik secara kelompok maupun individu yang menjadi amal shalihnya.[]