“Seru, menarik, berkelilingnya seneng karena banyakan, ada yel2, pertanyaannya menantang dan menambah ilmu, apalagi mkanannya enak ada kacang dan es krim kesukaan ana” ungkap Kaisan siswa Kelas 6 dengan wajah sumringah.

Selain Kaisan, Aisyah Kelas 4 pun angkat bicara “ana sangat senang ikut acara ini karena ana dapat tahu bagaimana berkomunikasi dengan warga/orang sekitar”. Tak mau ketinggalan Khayra Kelas 4 pun ikut berkomentar tentang acara ini. Menurut Khayra outbond ini seru, bisa olahraga dan dengan berjalan kaki dapat membuat tubuh semakin sehat.

Begitulah beberapa komentar yang diutarakan oleh para siswa yang mengikuti acara Pos Country pada hari Kamis, 18 Juli 2019.

Kegiatan Pos Contry ini dibagi menjadi 4 pos yaitu: Pos 1 yel2 kelompok, Pos 2 simulasi 3 kata sakti (Maaf, tolong dan terima kasih, Pos 3 Problem solving dan Pos 4 Tim work 3 kata sakti.

Para siswa perkelas beriringan dengan rapi di dampingi oleh masing2 guru kelas berjalan mengikuti rute yang telah ditentukan.

Panjang Rute perjalanan siswa disesuaikan dengan tingkatan kelas. Kelas 1, rutenya sekitar sekolah menuju Gues House kemudian Paud Insantama sampai makam belakang Insantama kembali ke sekolah. Rute Kelas 2-3 adalah hegarmanah 4 menuju villa pagentongan, SMP YP 17 sampai Vila Gunung Mas kembali ke sekolah. Sedangkan rute Kelas 4-6 adalah rute terpanjang mulai dari sekolah menuju jalan ke perumahan Ciomas River View melewati Masjid Al-Furqon kemudian kembali ke sekolah.

Sepanjang perjalanan, terutama siswa Kelas 4-6 disuguhkan pemandangan alam yang segar dan melewati pemukiman warga yang padat. Sehingga siswa berkesempatan mempraktikan langsung tema ta’aruf pada kali ini yaitu berkata sopan dan santun dengan menggunakan 3 kata sakti yaitu maaf/permisi, tolong dan terima kasih. Hal ini sejalan dengan tujuan diadakannya kegiatan ini yang disampaikan langsung oleh ketua pelaksananya.

Menurut Pak Nono Hartono selaku ketua pelaksana Kegiatan Pos Country “tujuan kegiatan Pos Country kali ini adalah mengenal lebih dekat alam dan lingkungan sekitar Insantama.” Menurutnya pula kegiatan ini dapat membantu kegiatan pembelajaran yaitu “ketika pembelajaran berlangsung nanti anak-anak tidak bingung lagi dan tidak perlu adaptasi lagi dengan media pembelajaran outdoor karena sudah dikenalkan melalui kegiatan Pos Country ini.”

Hal ini sejalan pula dengan pendapat yang dikemukan para guru yang menjadi pendamping siswa. Menurut Ibu Rahma selaku Guru Kelas 1 “Kegiatan ini cukup seru sebagai pengalaman pertama bagi anak2 kelas 1. Bagi anak ada di sini ada jalan-jalannya, game-nya. Anak2 menikmati setiap perjalanannya. Setiap pos ada makanannya. Apalagi di tutup dg makan es krim, acaranya semakin mantap.”

Ibu Mimin sebagai guru yang baru bergabung dengan Insantama pun mengapresiasi kegiatan ini dengan positif “Alhamdulillah. merupakan suatu acara yg baru dlm perkenalan siswa. Menurut saya outbond ini sangat bagus sekali untuk memperkenalkan anak kepada ligkungn yg ada di sekolah dan di luar sekolah. Anak2 sangat antusias, mereka dpt belajar tim, belajar kepemimpinan, sabar, serta menumbuhkan rasa percaya diri. Tujuan outbond tercapai. Di setiap pos itu dimotivasi. Sebagian besar mempraktikan kembali kata maaf tolong dan terima kasih baik guru dan kemasyarakat yg di lewati.” (Rizka)