Direktur Seameo BIOTROP: Teruslah Belajar, Maksimalkan Hidup untuk Negeri dan Umat ini

0
632

“Bangunlah cita-cita, mimpi besar kalian seperti yang sudah diajarkan di sekolah kalian. Teruslah belajar, seperti yang kalian lakukan di sini. Maksimalkan hidup kalian untuk negeri dan umat ini. Karena kalian sudah diniatkan menjadi pemimpin masa depan. Selamat buat kalian.”

Direktur Seameo BIOTROP Dr Zulhamsyah Imran mengisi stadium general di auditorium dalam agenda Scientific Journey SMPIT Insantama Bogor, Rabu (13/9/2023). Dalam kesempatan ini, dia mengingatkan agar seluruh siswa mengikuti kegiatan kesiswaan ini, khususnya Scientific Journey, dengan niat yang ikhlas semata-mata karena Allah SWT. Karena, menurutnya, modal penting bagi calon pemimpin adalah kedekatannya kepada Allah SWT dan senantiasa mengagungkan Nabiyullah Muhammad SAW dengan salawat.

Leadership itu, menurutnya, jangan hanya terpikir khusus untuk laki-laki saja, tetapi juga untuk perempuan. Karakter yang harus kita bangun, bermuara pada adab. Artinya, membangun karakter kepemimpinan itu yang paling penting bagaimana agar Nabi Muhammad SAW menjadi teladan.

“Banyak teori barat menjelaskan tentang kepemimpinan, tapi kita sejujurnya punya teladan yang luar biasa,” Dia lalu mengajak para siswa siswi peneliti muda untuk membincang sifat-sifat mulia yang melekat pada Nabiyullah Muhammad SAW, yaitu shiddiq, amanah, tabligh, fathanah.

Disampaikannya bahwa seluruh siswa yang hadir berpotensi besar untuk menjadi pemimpin. Menurutnya, konsep kepemimpinan Islam sangat sederhana untuk membentuk karakter kepemimpinan. Hal itu sebagaimana yang dijelaskan dalam surat Al-Fatihah, di dalamnya terdapat kalimat “shiratal mustaqim” yang menjadi kunci seseorang dalam memimpin.

“Di dalam Islam, banyak contoh para pemimpin yang bisa menjadi teladan. Leadership and management itu harus dipelajari. Pertama yang harus kita lakukan dalam diri adalah bagaimana mendisiplinkan diri,” tukasnya.

Dia lalu memaparkan tentang dua kapasitas pemimpin yaitu kedisiplinan dan kemampuan komunikasi. “How to manage our time everyday. Manajemen waktu itu penting. Dalam leadership and management juga diperlukan kemampuan komunikasi. One of the presenter speaks English, if you want to go abroad, you have to speak English. Tapi of course, akidah harus kuat,” paparnya menegaskan tentang kemampuan komunikasi harus dibarengi dengan disiplin diri yang dilandasi akidah.

“Bangunlah cita-cita, mimpi besar kalian seperti yang sudah diajarkan di sekolah kalian. Teruslah belajar, seperti yang kalian lakukan di sini. Maksimalkan hidup kalian untuk negeri dan umat ini. Karena kalian sudah diniatkan menjadi pemimpin masa depan. Selamat buat kalian,” tutupnya.

Sambutan dan pengarahannya ditutup dengan saling memberi plakat dan cinderamata oleh perwakilan SMPIT Insantama yaitu Wakasek Kurikulum Pak Iqbal Maulidi dan Direktur Seameo BIOTROP Dr Zulhamsyah Imran.[]