Agenda Ekspresi Cooking: Nasi Liwet, Rasanya Mantap

0
322

Agenda Ekspresi Cooking:
Nasi Liwet, Rasanya Mantap

Penulis: Riyanti

Kelas 2 SDIT Insantama melaksanakan agenda Ekspresi Cooking terakhir di semester ganjil, Jumat 08/10/21, membuat Nasi Liwet. Ekspresi Cooking dilaksanakan secara daring via zoom satu Angkatan. Seperti biasa siswa selalu antusias mengikuti kegiatan Ekspresi Cooking, terlihat ketika mereka menampakkan alat dan bahan yang sudah disiapkan sebelumnya.
Kegiatan diawali dengan doa yang dipimpin oleh MC, Pak Syahrul. Setelah berdoa, siswa sangat tidak sabar untuk segera praktik memasak Nasi Liwet. Bu Amel memandu untuk menyampaikan alat dan bahan yang harus disiapkan.
“Bahan yang pertama baskom/boboko siapa yang sudah menyiapkan?” Tanya bu Amel kepada siswa. Dengan cepat siswa mengangkat bahan yang sudah disiapkan. Begitu pula dengan alat dan bahan lainnya.
Terlihat Aqila kelas 2C sudah menyiapkan alat dan bahan. Arfan dari kelas 2A, Brina 2C, Denara 2D dan siswa yang lain sudah siap berada di dapur untuk praktek memasak nasi liwet.
Bahan-bahan yang disiapkan untuk membuat Nasi Liwet diantaranya: beras, air, daun salam, daun sereh, bawang merah, bawang putih, teri goreng, dan penyedap rasa.
Tidak lupa Bu Amel mengingatkan siswa dengan hadits Rasulullah untuk makan menggunakan tangan kanan.
Selanjutnya ditayangkan video cara membuat Nasi Liwet. Setelah ditayangkan video, Pak Nana memandu sambil langsung mempraktikkan bagaimana cara memasak Nasi Liwet yang rasanya mantap.

Pertama, siswa diajarkan menakar beras sebanyak 3 gelas, dan siswa sangat antusias mengikuti setiap proses yang dipraktikkan oleh pak Nana dengan pendampingan orangtua.

Selanjutnya siswa diajak untuk mencuci beras dan memasukkan bahan-bahan ke dalam rice cooker.

Seperti biasa tujuan dari Ekspresi Cooking adalah untuk mengasah kemandirian siswa dan kemampuan siswa untuk berkreasi.

Sekitar 20 menit berlalu “Pak, Bu ana sudah jadi” kata Yara 2C.
“Bu nasi liwetnya wangi” ucap Marcel 2A.

Alhamdulillah kegiatan ekspressi cooking hari ini sudah selesai berjalan dengan lancar dan siswa mengikutinya dengan penuh semangat. Siswa yang sudah matang nasi liwetnya dipersilakan untuk menyantap.[]