Team Building Day 2; Pendirian Menara Rotan dan Arti Kebersamaan

-

Team Building Day 2; Pendirian Menara Rotan dan Arti Kebersamaan

Penulis: Annisa Syakuurah Amar dan Mila Sari

Satu malam telah berlalu. Pukul 07.35 WIB seluruh siswa kelas sepuluh akhwat memulai pagi ini dengan persiapan Team Building. Pukul 07.50 WIB semua sudah berkumpul di GOR Ukhuwah untuk memulai tantangan di hari kedua dengan sebelumnya mendengarkan penjelasan teknis kegiatan oleh Bu Ratih.

Pada hari kedua, terdapat satu kegiatan inti dari Team Building yaitu, membuat menara rotan. Sama halnya dengan menyusun menara sepatu pada hari sebelumnya, menara rotan juga harus dibangun setinggi dan sekokoh mungkin.

Namun, sebelum mengaplikasikan pendirian menara rotan, perwakilan dari masing-masing kelas akan mempresentasikan terlebih dulu konsep atau rancangan menara yang telah dibuat di kertas karton. Satu jam lamanya semua berdiskusi. Pukul 09.00 WIB siswa mulai presentasi konsep serta filosofi dari rancangannya.

Diawali oleh kelas X-3, yang kemudian diikuti kelas X-4 dengan presentasi konsep yang memiliki filosofi, “Ikatan bagaikan kebersamaan menjadi satu kekompakan, tinggi tiang bagaikan mimpi besar yang tinggi, memegang tali berarti bertanggung jawab mendirikan mimpi besar.”

Setelah presentasi, ada pula penampilan yel-yel dari tiap kelas. Semua menampilkan dengan semangat yang tinggi. Lalu dilanjut dengan kegiatan inti, yaitu mendirikan menara rotan sesuai dengan konsep yang telah dibuat. Tentu tidak mudah dalam proses mendirikannya, karena harus melakukan tali temali yang erat antara rotan-rotan. Selain itu dibutuhkan juga strategi yang baik supaya menara rotan menjulang tinggi ke langit dengan kokoh.

Alhamdulillah pukul 10.28 WIB dengan kerja sama yang solid, kelas X-3 berhasil mendirikan menara rotan dengan urutan pertama. Namun, kelas X-4 tetap berhasil mendirikan menara dengan kokoh, meskipun waktu telah habis.

Kegiatan inti selesai, evaluasi pun diadakan pada pukul 13.30 WIB di ruang makan lantai dua. Team Building angkatan 12 diakhiri dengan penyampaian kesan pesan oleh ketua team building dan perwakilan guru, serta pengumuman pemenang.
Pemenang Team Building hari ini diraih oleh kelas X-1 ikhwan dan X-3 akhwat.

Team Building Day 2 Succeed !

“Kita sudah melewati banyak rintangan tantangan, banyak kemenangan dan kekalahan, kesenangan dan kesedihan, kekalahan saat tantangan menara sepatu, kita telah building trust satu sama lain, itu butuh keberanian dan kepercayaan antar teman, kita juga sudah menangkap ikan dan lain-lain.”
–Rasyid

“Team Building itu untuk membangun kepercayaan kepada teman, antum yang sudah dipercaya jangan mengkhianati kepercayaan teman antum.”
–Pak Indra

Semoga dengan adanya team building ini, kekompakan para santri semakin erat terjaga. Sebab keberhasilan itu harus meruntuhkan ego dan butuh kerjasama yang baik.[]