“Alhamdulillah acara 2 hari kemarin sangat berkesan buat saya. Banyak ilmu yang saya peroleh. Semoga saya bisa mengamalkannya Amin..”. Kesan orang tua Marvely Ariqa Fatina, calon siswa SDIT Insantama, yang diungkapkan melalui pesan WhatsApp kepada panitia.

Menambahkan kesan serupa dari Orang tua Muhammad Yusuf Kamil, “Alhamdulillah luar biasa, sangat inspiratif dan menggugah….”

Inilah sebagian pendapat orang tua calon siswa baru yang pada Sabtu dan Ahad, 27-28 April 2019, telah mengikuti kegiatan Parent Trining di Gedung Balitro, Cimanggu Kota Bogor. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Sekolah Islam Terpadu Insantama Bogor ini telah diikuti oleh sekitar 150 ayah dan bunda calon siswa baru SDIT Insantama.

Parent Training bagi orang tua siswa baru SDIT Insantama, yang mulai tahun ini dinamakan PARENTAMA, menjadi bagian tak terpisahkan dari upaya sekolah Islam Terpadu Insantama untuk membangun kerjasama, menyamakan visi dan pemahan juga membentuk suatu komitmen dalam upaya mendidik generasi muslim Sang Juara. Kegiatan rutin tahunan ini juga menjadi ajang silaturahmi antara pihak sekolah dengan para orang tua siswa sebelum putra/putri mereka resmi menjadi murid di Insantama.

PARENTAMA hari pertama, diasuh oleh Ustadz Muhammad Ismail Yusanto dan Dr. M. Rahmat Kurnia. Sesi pertama, Ustadz Ismail menyampaikan tentang Keinsantamaan; bagaimana prinsip pengasuhan anak yang dianut sekolah, prinsip keterpaduan, kurikulum serta komunikasi antara sekolah, keluarga dan masyarakat.

Sesi kedua, Dr. M Rahmat Kurnia menyampaikan tentang bagaimana membangun keluarga Sakinah Mawaddah Warohmah. Sesi beliau terdiri dari dua tema dibatasi ishoma. Tema kedua , Ustadz Rahmat (panggilan akrab) menyampaikan tentang bagaimana seharusnya pendidikan anak menurut kaca mata Islam.

Kegiatan seharian ini begitu hangat dan renyah ditambah lagi dengan centilan Pak Agus Hilman dan Pak Dedi Sonetta sebagai MC plus energizer. Meski sejak siang hari, cuaca di luar gedung diguyur hujan cukup deras.

PARENTAMA hari kedua, sesi pertama disampaikan oleh Pak Eko Agung Cahyono dengan tema Peran Orang Tua dan Komunikasi Efektif. Sesi kedua, Pak Imam Bukhoiri menyampaikan tentang Teknik Pendekatan Penyelesaian Masalah Anak.

Setelah ishoma, sesi berikutnya adalah berbintang bersama manajemen SDIT Insantama. Pak Adi Fadjar Nugroho, selaku Kepala Sekolah ditemani oleh para Wakilnya, menyampaikan tentang hal ihwal Operasional Sekolah di SDIT Insantama.

PARENTAMA berakhir begitu adzan Ashar berkumandang. Sesi terakhir adalah sesi pengumuman penempatan kelas untuk siswa kelas satu di tahun ajaran 2019/2020. [ArieSoe]