Ushul fiqh merupakan salah satu cabang ilmu yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Sebab seorang muslim, sebelum berbuat harus memahami hukum terkait apa saja yang ingin diperbuatnya.

Dalam suatu kaidah disebutkan:
“Allah Swt menghendaki bagi kalian kemudahan, tidak menghendaki kesukaran.” dan kaidah yang lain juga menyebutkan hal yang serupa, “Buatlah mudah, jangan dipersulit.”

Seseorang yang memahami Ushul fiqh, akan dapat melakukan istinbat atau penggalian hukum setidaknya untuk dirinya sendiri. Bahkan jika ia menguasainya, maka ia dapat memecahkan setiap perkara yang ada yang berhubungan dengan perkara ibadah, muamalah dan apapun juga. Ia juga tidak akan canggung bila berada dalam kondisi yang tidak kondusif sekalipun.

Alhamdulillah pada pagi ini, Minggu/13/10/2019 IBS (Islamic Boarding School) Insantama kembali mengadakan training yang luar biasa, yaitu Training Ushul Fiqh yang langsung diisi oleh pemateri yang memang ahli dibidangnya, yaitu ustadz Muhibbuddin, S. H. I selaku mudir ‘am.

Agenda ini ikuti oleh semua santri IBS Insantama angkatan ketiga, yaitu kelas IX SMP dan kelas XII SMA baik ikhwan maupun akhwat.

Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan secara gamblang semua ilmu yang berkaitan dengan uslul fiqh secara umum. Dan memberikan kesempatan kepada semua peserta training untuk bertanya agar mereka semakin memahami dan dapat menghilangkan keraguan yang ada dalam diri mereka terhadap kasus-kasus yang berkaitan dengan Ushul fiqh.

Agenda berlangsung dari pukul 08 10 wib dan berakhir pada pukul 11 00 wib. Meski waktunya begitu singkat, semoga para ananda semakin memiliki keluasan ilmu terlebih dalam hal agama sebagai modal baginya untuk dapat menjalani kehidupan ini secara tepat.

Report : Mila Sari, S. Th. I