“Smention 2020, yes. Kita bisa!”
Bi idznillah wa bi nashrillah

Kesibukan melanda. Sibuk yang bukan kepalang. Harap-harap cemas. Keringat hari ini tak kering-kering. Rasa gundah gulana datang menghantui. Sekarang, waktunya bagaikan harimau yang siap menerkam. Harus selalu awas. Lengah sedikit, bahaya menerjang.

Di sinilah salah satu ujian siswa Insantama. Mereka sedang mengalami kesulitan. Kendati demikian, anak-anak tetap solid. Bahkan semakin solid. Dan harus menyerahkan urusannya pada Allah SWT.

Hari ini siswa sedang mengurusi Smention 2020. Sebuah kegiatan go nasional dan Internasional. Pertarungan besar yang sudah di depan mata. 1 Cm lagi acara segera dimainkan. Kesibukan mengurusi acara dialami oleh seluruh siswa Insantama saat ini, kecuali kelas 12, yang tidak wajib terlibat.

Sebelum panggung itu berjalan, di belakang layar tentunya ada hal yang dipersiapkan. Dan Berdasarkan pantauan yang ada, dari Selasa (rapat Smention, 18/2) sampai dengan hari ini bahwa:

Rundown acara sudah siap. Tanpa rundown maka acara akan berantakan. Bahkan sampai per kegiatan lomba pun, sudah dipersiapkan. Alhamdulillah!

Denah Ruang. Tak ketinggalan. Ini sangat perlu. Karena sekolah kami akan dikunjungi peserta lomba dari berbagai kota dan daerah. Mereka harus mengetahui ruang mana yang akan dimasuki untuk lomba. Sesuai dengan yang diikutinya.

Disamping itu ada pula ruang-ruang yang digunakan untuk penginapan. Untuk peserta jauh yang harus bermalam. Semua sudah tersusun dan direncanakan.

Adapula penginapan yang khusus dipersiapkan untuk tamu istimewa. Mr Gud dan Mr Sam diantaranya, orang yang mendapatkan kehormatan. Mereka menjadi juri debat bahasa Inggris. Di datangkan dari kampung Inggris Pare, Kediri. Jawa Timur. Dan langsung mendapat jamuan dari ketua yayasan Insantama.

Aturan umum sudah kita jalankan. Untuk masalah teknis acara (technical meeting). Baik tertulis maupun penjelasan. Berharap agar kegiatan berjalan lancar.

Sudah ada 50 sekolah dari berbagai kota/daerah yang “menyatakan hadir” dalam kegiatan Smention 2020 ini. Sehingga panitia menyusun LO, yaitu siswa untuk mendampingi para peserta. Satu LO, satu sekolah, ada juga untuk satu peserta.

Yang tak kalah spektakuler adalah seminar di hari Ahad (23/3) yang siap menghadirkan pakar dalam bidang kelautan. Mengingat Smention 2020 ini temanya tentang kelautan.

Prof. Daniel M. Rosyid, PhD. Guru Besar Fakultas Teknologi Kelautan ITS Surabaya. Siap memberikan tema tentang kelautan yang dikaitkan dengan motivasi siswa.

Ditambah Prof. Dr. Rokhmin Dahuri. Mantan Menteri Kelautan di era kabinet gotong-royong ini pun, akan memberi materi dan pencerahan kepada siswa Insantama. Tak ketinggalan Dr Iin Solihin dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB hadir memberi perspektif syariah. Wow… Juga pakar dan praktisi kelautan di luar negeri akan ikut memberi pembelajaran bagi siswa. Ada dari Norwegia, Irlandia dan Skotlandia. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, alhamdulillah siswa Insantama selalu dibekali ilmu dalam setiap kegiatannya. Bahkan langsung dari para ahlinya.

Saat ini media pathner pun bertambah RRI siap menggawangi acara. Insantama siap dikumandangkan kegiatannya, menambah daftar orang yang akan mengenal Insantama tentunya. Juga sponsor yang terdata pun bertambah pada saat ini, menunjukkan mereka percaya pada Insantama. Subhanallah!

Hari ini panggung Smention sudah terpancang di hamparan halaman plaza Insantama. Stand-stand bazar dengan balutan kain putih pun sudah menanti. Siap menghidangkan jajanan istimewa. Hiruk pikuk anak-anak dari pagi hingga malam tak henti-henti, mereka senang, dan mereka menikmati. Semoga menjadi anugrah untuk masa depan mereka.

Smention ini untuk Allah!

Dari Rapat Koordinasi Akhir, 18/2/2020

By: Sonny L