SMPIT Insantama kembali mengadakan gelaran Maca Expo yang keempat kalinya. Dengan tema besar “Asah Kreatifitas, Hasilkan Karya Tanpa Batas”, Maca Expo 4 ini mengajak para siswa untuk mencintai literasi dan berkreasi tanpa henti.

Bapak Ageng Budiansyah selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa dengan diasahnya kreatifitas anak-anak diharapkan bisa dihasilkan berbagai karya kreatif yang banyak dan beragam. “Maca Expo mengajak seluruh pelajar tingkat SD dan SMP se-Bogor Raya untuk mengasah kreatifitas dalam menghasilkan karya tanpa batas. Kami akan mengapresiasi setinggi-tingginya bagi siapa saja yang mengerahkan seluruh potensinya untuk menghasilkan karya terbaik. Hal ini karena hasil tidak akan pernah mengkhianati proses,” ungkap Pak Ageng.

Yang menarik, pada Maca Expo tahun ini, panitia mengangkat kemampuan literasi abad 21 yang bernuansa digital. Di tingkat SMP, ada resensi digital, film pendek dan tayangan vlog Maca Expo. Untuk tingkat SD, ada perlombaan outbond literasi, cerita bergambar dan cerita dengan alat peraga.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini kami mengadakan Wisata Edu-Literasi yang mengundang sekolah-sekolah lain. Kami juga mengadakan sayembara tulisan. Tulisan tersebut kami kumpulkan lalu diterbitkan dalam sebuah karya buku. Alhamdulillah, gagasan ini mendapat dukungan dari Kepala Dinas Kota Bogor. Sebagai apresiasi, tulisan terpilih kami berikan hadiah,” ungkap Pak Ageng.

Panitia berharap Maca Expo kali ini bisa mewujudkan kota Bogor sebagai mercusuar ilmu bagi para literat di masa depan. Acara ini juga diharapkan bisa menjadi wadah para siswa berkreasi dengan segala ragam potensi yang dimiliki. “Untuk membentuk siswa yang memiliki budaya literasi tinggi dan lebih unggul,” ungkap Ketua Panitia.

Tentu keberhasilan Maca Expo 4 tahun ini merupakan bukti bahwa antusiasme literasi generasi muda Bogor demikian tinggi. Semoga hal ini terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Alhamdulillah, antusiasme dari tahun ke tahun terus meningkat. Tahun ini tercatat ada 121 siswa peserta perlombaan Maca Expo. Kami juga bangga seluruh siswa SMPIT Insantama dapat menjadi panitia yang menyukseskan agenda tahunan ini,” pungkas pak Ageng.

(Fatih Sholahuddin)