Selalu ada hal menarik di SIT Insantama. Bukan hanya pembelajarannya atau kegiatan kesiswaannya, aktifitas biasa seperti jam istirahat cukup menarik untuk dicermati. Sejak awal berdiri, SIT Insantama memberlakukan pembatasan jajan ketika jam istirahat kepada anak didiknya. Maka pemandangan pada jam istirahat di SIT Insantama (baik SD, SMP, maupun SMA) berbeda dengan jam istirahat di sekolah-sekolah lain. Tidak ada pemandangan siswa berkerumun di kantin atau di tukang jajanan. Jam istirahat di Insantama digunakan siswa untuk melepas penat dengan melakukan kegiatan gembira.

Contohnya pada hari Sabtu (15/02/20), jam istirahat digunakan para siswa untuk melakukan kegiatan menggembirakan nan produktif. Beberapa siswa SMA melakukan latihan pencak silat di Plaza Insantama. Di sisi agak jauh, beberapa siswa akhwat bermain bulutangkis dan berlatih baris-berbaris untuk persiapan upacara. Sedangkan di koridor lantai 1 gedung 1, para siswa SMP dengan seru bertanding tenis meja. Juga ada kegiatan bersama wali kelas, seperti para siswa kelas 7D yang bersama wali kelasnya bersama-sama memasak seblak.

Kegiatan-kegiatan seperti ini meskipun terlihat sepele, menurut penelitian National Geographic mampu meningkatkan kemampuan berpikir kognitif. Maka jam istirahat di SIT Insantama meskipun berbeda dengan di sekolah lain, tidak bisa dipungkiri sebenarnya untuk membentuk habit atau kebiasaan produktif pada diri para siswa.