Fenomena anak yang tidak menghargai orang tuanya sudah tidak asing lagi saat ini. Hal inilah yang menjadi motivasi Kak Dini dari Dongeng Ceria bercerita dalam acara SBUA (Sehari Bersama Umi Abi) di SDIT Insantama. Kak Dini berkisah tentang seorang anak soleh yang menyelamatkan orang tuanya karena akhlaknya yang baik.

Menurut kak Dini, mengingatkan anak-anak tentang adab kepada orang tua sedari dini sangatlah penting.

“Karena melihat fenomena ini, kita buat sebuah cerita yang mengingatkan mereka bahwa janji Allah itu ada, bahwa menjadi anak soleh itu bisa masuk surga, jadi kita pengen supaya anak-anak memperbaiki akhlaknya. Mereka bisa menghargai dan menghormati orang tua lewat cerita tadi,” ungkapnya.

Kak Dini sangat mengapresiasi antusiasme siswa-siswa SDIT Insantama yang sangat fokus mendengarkan cerita bahkan hingga akhir. “Ini kelas I hingga kelas IV, saya lihat mereka bisa tetap fokus, padahal rentang saya cerita cukup lama, bisa satu jam lebih, tapi mereka tetap antusias, dari awal sampai akhir mengikuti, hingga cerita klimaks. Mereka top banget,” ungkap Kak Dini.

Kak Dini berharap mereka yang mendengarkan ceritanya bisa menjadi anak-anak yang soleh dan sayang kepada orang tua mereka. “Harapan saya, mereka menjadi sayang kepada orang tua, menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya,” jelasnya.

Ibu Aga Khani selaku ketua pelaksana juga mempertegas bahwa inti dari acara SBUA 2019 adalah untuk meningkatkan birrul walidain anak-anak.

“Dalam acara SBUA 2019, disuguhkan dongeng dengan alur cerita menarik yang membuat konsentrasi anak terpusat dengan disisipkan birrul walidain di dalamnya,” pungkasnya. (Fatih Sholahuddin)