PRESS RELEASE
SMENTION IX 2020
“HEAR THE VOICE OF THE SEA, IT’S BEYOND WHAT YOU SEE”
OSIS SMAIT INSANTAMA BOGOR

Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah perairan yang terbentang luas dari Sabang sampai Merauke. Ribuan orang mengadu nasib padanya, berusaha menggapai kelayakan hidup dengan beragam mata pencaharian. Kekayaan keanekaragaman hayati dan pesona indah yang dimilikinya seharusnya tak membuatnya dipandang sebelah mata. Indonesia yang merupakan negara dengan kekayaan laut yang berlimpah juga tidak luput dari berbagai masalah. Mulai dari masalah ancaman degradasi fisik habitat, pencemaran ekosistem kelautan karena banyaknya sampah yang bertebaran, over eksploitasi sumber daya alam oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, dan masih banyak lagi masalah lain yang menghantui kelestarian ekosistem kelautan Indonesia.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap permasalahan kelautan yang ada di Indonesia, OSIS SMAIT insantama menyelenggarakan program tahunan yang dinamakan Smart Teen Competition (SMENTION). Smention ke-9 ini dihelat pada tanggal 22-23 Februari 2020 di kampus SIT Insantama. Tema besar yang diusung untuk tahun ini adalah konservasi kelautan dengan tagline “Hear The Voice Of The Sea, It’s Beyond What You See”. SMENTION merupakan program multi-event tingkat Nasional, berbasis konsep transformational leadership, terdapat ragam kompetisi mulai dari lomba debat, tahfidz, nasyid, desain poster, fotografi, short movie, esai, outbound, musabaqoh qira’atil kutub, serta seminar interaktif yang tentunya akan mengasah kemampuan generasi muda dalam mengembangkan potensi mereka.

Kegiatan pada hari pertama berupa pelaksanaan 9 cabang lomba. Sedangkan kegiatan di hari kedua diselenggarakan Seminar Nasional “Ocean Conservation” yang dihadiri perwakilan finalis semua lomba, berbentuk pemaparan konsep dan teknis optimalisasi sumberdaya lautan: antara peluang, tantangan dan kemampuan serta penyebaran opini kelautan via media sosial. Ajang yang direkomendasikan oleh Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud ini diikuti oleh lebih 544 orang dari 62 sekolah SMP, SMA se-Indonesia. Ajang ini juga ternyata menarik minat mahasiswa. Tercatat dua mahasiswa ikut serta, yakni dari: UIN Syarif Hidayatullah dan UT.

Ajang multi lomba ini melibatkan juri-juri berpengalaman dari berbagai latar belakang, seperti: Sekretariat Kabinet, Bappenas, IPB, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta Islamic Centre, Pelindo, Indonesia Window, Apindo, Republika, Radar Bogor, Huawei, CLIent Pare, Karya Masyarakat Mandiri (KKM), EF, Cinta Quran TV Grup, Pesantren Daruul Qur’an, Pesantren Daruts Tsaqofi, Indosiar, dan sejumlah praktisi profesional.

Pada hari kedua di sesi seminar, peserta mendapatkan pemaparan konsep dan teknis optimalisasi sumberdaya lautan: antara peluang, tantangan dan kemampuan serta penyebaran opini kelautan langsung dari para pakarnya, seperti: Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS. (Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB), Dr. Iin Solihin (Sekretaris Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan FPIK IPB) dan Prof. Daniel M. Rosyid Ph.D, M.RINA. (Guru Besar Fakultas Teknologi Kelautan ITS). Selain itu peserta mendapatkan parade narasi Motivaksi Maritim yang disampaikan oleh pembicara Luar Negeri Doktor Bidang Kelautan dari Aberdeen – Skotlandia, Irlandia, dan Norwegia.

Sungguh beruntung peserta seminar, karena mereka mendapat pembelajaran tentang konsep dan teknis optimalisasi sumber daya lautan. Kegiatan ini dipungkasi dengan pengumuman lomba dan ditutup dengan ramah tamah.

Atas dukungan bagi kesuksesan penuh berkah kegiatan ini, kami haturkan rasa terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Kemendikbud, Walikota Bogor, Dinas Pendidikan Kota Bogor, RRI Kota Bogor, RD Institute, Wardah, ReCharge. Id, Bordiz Stand, Sayagi Roti, Jangji Id, Banyan Tree, Al Amin, Sesamasaya Hijub, Qirani, Info Pensi, Share Event, Event Finder, Event Banyuwangi, Bogor Event, Acara Media, Event Apaja, Event Pelajar, Acara Malang, Greetest Event, Hallo Event, Event Journal, Event Terkini, Info Olimpiade, dan Rumah Event. Serta kepada juri dan semua pihak yang telah membantu, yang tidak dapat disebutkan satu per satu.

Dari Smention 2020 ini diharapkan dapat menghasilkan generasi muda yang memiliki kemampuan ilmiah, kreatif, inovatif, kritis dan solutif serta menumbuhkan kepedulian terhadap permasalahan kelautan negeri ini. Tak hanya itu, acara ini juga diarahkan untuk menjalin persaudaraan diantara seluruh peserta.

Sampai jumpa di acara Smention!

Bogor, 22 Februari 2020

OSIS SMAIT Insantama