Speed to Think and Speed to Talk

61

PELATIHAN DEBAT

Agar dapat berfikir cepat dan cepat tanggap berbicara, sekitar seratus pelajar Kelas X mengikuti pelatihan debat Speed to Think and Speed to Talk, Sabtu (30/1) di Auditorium SIT Insantama, Bogor.

Latihan debat ini merupakan latihan lanjutan pasca Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) 2, sekaligus simulasi lomba debat Smart Teen Competition (SMENTION). Dalam agenda ini, pelajar tidak hanya “disuapi” materi bagaimana teknik berdebat, tetapi juga mereka langsung diterjunkan untuk face to face bertanding melawan tim dari kalangan mereka juga. Latihan debat ini diarahkan agar setiap pelajar berani tampil ke depan dan saling beradu argumentasi yang didukung fakta, data, dan dalil jika menyangkut hukum syara.

Mosi debat, terdiri dari pertanyaan serius dan tidak serius. Masing-masing tim mampu menjawab mosi tersebut dengan penuh argumentasi. Bahkan di pertengahan acara, ada salah satu peserta yang terpatahkan argumennya karena “termakan omongannya sendiri”. Alhasil, dengan pelatihan seperti ini pelajar SMAIT Insantama terlatih untuk mengungkapkan pendapat dan gagasan-gagasan mereka.

Dalam kegiatan tersebut, hadir pula beberapa alumni yang pernah memenangi lomba debat. Serta beberapa guru juga dikerahkan sebagai juri yang akan menilai kemampuan para peserta debat.[]