SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU

Di samping kurikulum nasional, SMPIT Insantama juga memiliki fokus pembinaan siswa. SMPIT Insantama menyelenggarakan berbagai program pembinaan siswa baik untuk membentuk kepribadian Islam juga membekali skill kepimpinan.

SEKOLAH CALON PEMIMPIN

Berdirinya SMPIT Insantama diawali dari dorongan orang tua siswa yang merasa gamang bila harus mencari sekolah lanjutan di SMP lain. Kegamangan muncul karena budaya sekolah lain dianggap secara syar'i belum sesuai dengan apa yang diinginkan. Alasan lainnya adalah harapan anak-anak mereka dapat melanjutkan pembinaan yang telah dijalankan oleh SDIT Insantama terutama dalam hal program penguatan kepribadian Islam.

Visi, Misi dan Langkah Strategis

Visi kami adalah mewujudkan SMPIT Insantama sebagai lembaga pendidikan yang bermutu tinggi dan unggul di Indonesia. Dengan visi tersebut, kami berupaya menyelenggarakan menyelenggarakan pendidikan dasar berlandaskan Islam yang memadukan aspek pembentukan kepribadian Islam, dasar-dasar penguasaan tsaqofah Islam dan sains teknologi dalam suasana budaya pendidikan yang religius serta didukung oleh peran serta orang tua dan masyarakat.

Sistem Pendidikan

Sesuai namanya, konsep pendidikan SMPIT Insantama adalah pendidikan Islam terpadu. Pendidikan Islam maknanya, ide, gagasan hingga mewujud konsep pendidikan berikut aplikasinya selalu didasarkan dan diselenggarakan dalam koridor Islam. Konsep ini dicirikan secara kuat dan khas pada terma terpadu yang terangkum pada tiga aspek keterpaduan.

Mudah-mudahan lembaga pendidikan Insantama menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan dicintai oleh umat Islam khususnya di negara ini.

Prof. Dr. K.H. Didin Hafidhuddin

Ketua Baznas & Pimpinan Ponpes Ulil Albab

SDIT Insantama telah memberikan pendidikan terbaik, terutama pendidikan agamanya serta kemandirian. Semoga SDIT Insantama mampu terus meningkatkan mutu pendidikan untuk siswa siswinya lebih baik lagi.

Saldi Nurzaman

Orang Tua Siswa, Penyiar Stasiun TV Swasta