Catatan Harian..

Senin, 17 April 2017
Hari ke-1 Pesantren Wisuda

Pagi yang cerah menyambut angkatan 5 SMAIT Insantama (Jannisary) yang akan melaksanakan Pesantren Wisuda. Bertempatkan di Kebon Raya Cibodas, seluruh siswa telah bersiap dari jam 07.00 dengan mengendarai beberapa mobil jemputan SD serta didampingi oleh beberapa guru.

Perjalanan menuju Cibodas cukup macet oleh keramaian pengguna jalan yang berangkat kerja. Namun hal itu tak berlangsung lama ketika udara sejuk nan dingin menyambut kedatangan Janissary di Cibodas. Rumput hijau dan pohon-pohon yang terhampar sejauh mata memandang menambah suasana syahdu dan syukur.

Setelah sampai, Janissary langsung menuju wisma yang telah disewa. Wisma Sakura untuk ikhwan dan wisma Medinila untuk akhwat. Sembari menunggu persiapan acara selanjutnya, Janissary berkeliling wisma sambil berfoto. Quality time bersama teman sekaligus refreshing sejenak.

Azan dzuhur berkumandang, saatnya mendirikan sholat. Setelah mengambil air wudhu, Janissary berkumpul di ruang tengah untuk Sholat Dzuhur. Usai sholat, acara selanjutnya sharing bersama alumni yaitu kak Yusuf, mahasiswa Sastra Arab UI. Sharing dipenuhi canda tawa yg tetap terjaga dengan dipandu oleh moderator, Pak Kar.

Hingga menjelang sore, sharing berakhir dengan datangnya waktu ashar. Janissary kembali bersiap untuk melaksanakan sholat Ashar. Usai sholat, acara berlanjut yaitu wejangan motivaksi dari Ketua Fosis Bp Mujianto, mewakili seluruh orangtua kami yg dihost-i oleh Pak Badri.
“Orang tua tidak mengharapkan harta yang antum berikan, tetapi kesholihan antum,”. Pesan kuat beliau untuk kami semua. Sungguh, penuh haru dan rasa syukur.

Meski dalam keadaan berpuasa sunnah Senin, tapi Janissary tetap semangat menjalani setiap sesi acara Pesantren Wisuda. Usai ‘ngabuburit’ bersama Pak Mujianto, Janissary bersiap untuk berbuka puasa dengan menu bubur kacang hijau hangat.

Alhamdulillah, azan maghrib berkumandang dan Janissary berbuka puasa. Setelah berbuka, Janissary sholat Maghrib dan dilanjutkan makan malam hingga menjelang isya kemudian sholat Isya.

Acara masih berlanjut. Yaitu sharing bersama alumni lagi yang diisi oleh kak Hazzi, mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan IPB. Ditemani camilan kacang rebus dan jagung rebus, malam terasa hangat meski terus larut hingga pukul 22.00. Selesai acara, Janissary bersiap untuk istirahat menyambut hari esok dengan acara yang tak kalah seru.

Reportase oleh Anandas…