Sekolah Insantama Bedah Novel Api Tauhid Bersama Kang Abik

48

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Sekolah Islam Terpadu (SIT)  Insantama menggelar acara bedah buku Api Tauhid  karya Habiburrahman El-Shirazy. Acara yang diadakan di Auditorium  Sekolah Islam Terpadu (SIT)  Insantama, Bogor, Jawa Barat, Ahad (8/10)  itu menampilkan sang penulis novel best seller itu, Habiburrahman El Shirazy atau akrab dipanggil Kang Abik.

Novel Api Tauhid merupakan salah satu novel terlaris (best seller) karya Kang Abik. Novel yang diterbitkan oleh Republika Penerbit (Pustaka Abdi Bangsa) itu mengisahkan perjuangan dan ketokohan Said Nursi, seorang tokoh pejuang dan pemikir Islam dari Turki. Api Tauhid merupakan novel sejarah pertama yang ditulis oleh alumnus Al-Azhar University Kairo, Mesir  itu.

Menurut  Ketua  Pelaksana Muhammad Fikruddin Aslam, bedah buku  Api Tauhid  bertujuan agar para siswa  lebih mengetahui sejarah  Said Nursi  dan negara Turki. “Hal ini juga tidak lepas dari agenda kegiatan SIT Insantama yang akan melakukan studi  banding  ke Turki dalam rangka Latihan Kepemimpinan dan Manajemen tingkat Akhir (LKMA)  ‘Go To Abroad’ pada 30 Oktober 2017.  Kegiatan tersebut akan diikuti 89 siswa kelas 12 dan didampingi 10 pembimbing,” kata Fikruddin.

Melalui bedah novel Api Tauhid tersebut, SIT Insantama secara khusus memotivasi dan membekali delegasi LKMA 2017 dengan sejarah negara Turki. “Hal itu sangat penting, agar para siswa dapat melaksanakan LKMA di Turki dengan sebaik mungkin,” tuturnya.

Ia menjelaskan, LKMA adalah program studi komparasi yang diadakan setiap tahun  oleh SMAIT Insantama.  Pada tahun ini destinasi dari program ini adalah Turki,  negara yang menjadi latar novel Api Tauhid.  “Selain mengetahui dengan baik sejarah  Turki, melalui bedah  novel Api Tauhid ini kami berharap para delegasi dapat mengambil hikmah dan teladan dari Said Nursi itu sendiri yang merupakan tokoh utama novel Api Tauhid,” tuturnya.

Bedah novel Api Tauhid didukung oleh Republika Penerbit dan Safina Tour & Travel, travel yang dipercaya oleh SIT Insantama untuk mengurus perjalanan para delegasi LKMA ke Turki.

“Kami sudah beberapa kali melayani LKMA SIT Insantama ke Australia dan Jepang. Alhamdulillah, tahun ini kami kembali dipercaya oleh SIT Insantama untuk melayani delegasi LKMA ke Turki. Semoga bedah novel Api Tauhid ini menjadi salah satu motivasi para delegasi LKMA SIT Insantama untuk melaksanakan kegiatan di Turki dengan sebaik mungkin,” kata Managing Director Safina Travel, Salim Bahanan.

Staf marketing Republika Penerbit Mohammad Nasir mengemukakan, Api Tauhid merupakan salah satu novel terlaris karya Kang Abik yang diterbitkan oleh Republika Penerbit. Republika Penerbit juga menerbitkan novel-novel best seller lainnya karya Kang Abik, seperti Ayat Ayat Cinta 1 dan 2, Ketika Cinta Bertasbih 1 dan 2, Dalam Mihrab Cinta, Bumi Cinta, Cinta Suci Zahrana dan Bidadari Bermata Bening.

“Hampir semua novel Kang Abik difilmkan dan meraih sukses. Sebut saja Ayat Ayat Cinta 1, Ketika Cinta Bertasbih 1 dan 2, Dalam Mihrab Cinta, dan Cinta Suci Zahrana. Novel-novel Kang Abik juga disinetronkan, seperti Dalam Mihrab Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih,” papar Mohammad Nasir.

Nasir yang mendapat tugas khusus melayani bedah buku-buku karya Kang Abik menuturkan, jadwal bedah buku maupun temu penulis Kang Abik sangat padat. “Untuk bulan Oktober dan November 2017, jadwal Kang Abik sudah penuh. Ia mengatakan, harus pandai membagi waktu untuk keluarga dan memenuhi undangan,” tutur Nasir.

 

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/trend/17/10/08/oxi2td374-sekolah-insantama-bedah-novel-api-tauhid-bersama-kang-abik