Reportase Rihlah Ilmiah
SMPIT Insantama Bogor
Ke Museum Tanah dan MUNASAIN

Proses belajar mengajar yang dicanangkan oleh pemerintah dan tertuang dalam kurikulum tentunya tidak diartikan secara tekstual belaka, yaitu hanya dalam bentuk penyampaian dari nara sumber dalam hal ini guru sebagai pengajar kepada siswa sebagai subjek yang diajar, secara kontinyu atau berkala melalui metode lisan maupun tulisan dengan menggunakan berbagai sumber belajar.

Namun, proses belajar juga meliputi proses pengamatan langsung kepada objek-objek yang berkaitan dengan bahan pengajaran yang dapat dilihat atau ditemui hal-hal yang bersumber dari lingkungan sekitar yang diformulasikan menjadi teori dan bidang-bidang ilmu. Sementara tujuan pembelajaran sendiri adalah selain memberi pemahaman dan keterampilan juga menanamkan pengalaman-pengalaman yang berarti dan dapat dijadikan dasar pemikiran serta perilaku baik dimasa sekarang maupun yang akan datang bagi siswa didiknya.

Untuk mencapai pengalaman belajar yang mengesankan, tentunya siswa juga diajak untuk melihat dan berinteraksi langsung dengan objek-objek yang menjadi salah satu bagian bahan ajar yang mereka pelajari di sekolah, tidak melulu hanya melihat buku pelajaran. Dalam hal ini, sesekali siswa diajak bepergian untuk meneliti dan mengamati sesuatu sesuai dengan pelajaran yang dipelajari sambil berwisata.

Untuk mewujudkan itu semua, salah satu program SMPIT Insantama kelas VIII adalah mengadakan Rihlah Ilmiah dalam rangka pembelajaran. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas VIII ke sebuah objek edukasi yang berkaitan dengan pembelajaran, yakni berkunjung ke Museum Tanah dan MUNASAIN.