Dengan sudut kemiringan hampir mencapai 45o, membuat area tracking terasa menjadi istimewa.  Di samping jalanannya yang menanjak, berlikunya jalur juga menjadi tantangan bagi para peserta kegiatan refreshing siswa kelas 6 ke Kebun Raya Cibodas, Cipanas, Jawa Barat.   Kegiatan yang diikuti 117 siswa dengan didampingi oleh 9 guru serta diikuti beberapa perwakilan Ibu-ibu FOSIS ini berlangsung pada Selasa, (14/11/2017).

Jalur tracking yang mencapai jarak tempuh total kurang lebih 1.5 km (dengan jarak tanjakan sekitar 200 m) ini menjadi “santapan” yang akhirnya dinikmati oleh semua peserta.  Segala daya dan upaya dikeluarkan peserta untuk menaklukkan tantangan tersebut.

“Ayo anak-anak, semangat semua!”  demikian teriakan Bu Susi Tri Setyaningrum beberapa kali sambil mengangkat tangannya.  Ibu guru wali kelas 6C ini terus memberikan motivasi pada anak-anak yang mulai terlihat goyah jalannya.

Tidak hanya Ibu Susi saja, guru pendamping lainnya pun melakukan hal yang sama, memberikan semangat agar anak-anak mampu menaklukkan tantangan tracking ini.  “Insya Allah kita akan segera mencapai garis finish,” suara Pak Diki Arta Damiki, wali kelas 6D.

Udara yang sejuk serta terpaan angin semilir yang menyertai wajah-wajah peserta yang kelelalahan, ditambah dengan hijaunya pohon-pohon di samping kiri kanan jalan tracking turut menjadi saksi semangat tak menyerahnya para peserta.

Akhirnya, semua peserta mampu menaklukkan tantangan tracking ini.  Kurang lebih dibutuhkan waktu 1 jam dalam menaklukkan area jalanan tracking.

“Seru…!  Tapi capek.  Pas jalan ngeliat jalur masih jauh, berliku-liku, huuh…. Capek!  Apalagi ditambah dengan kondisi baju yang basah setelah habis permainan, jadi kedinginan juga,” terang Lala, panggilan dari Nurina Hasna Kamila, siswa kelas 6A saat ditanya terkait kesannya setelah menyelesaikan tantangan tracking.

Kesan senada juga disampaikan Muhammad Rafsyaa Rizki Ramadhan yang juga siswa kelas 6A ini, “Ana capek banget, dingin lagi…  Di perjalanan ana juga kaget, gara-gara ana lihat segerombolan monyet.  Ini karena baru pertama kalinya ana lihat monyet.  Pemandangan juga ok banget, keliatan banget Gunung Gede Pangrango yang lagi ngeluarin asap, amazing banget!”

Rasa capek dan lelah memang semua akhirnya ternetralisir dengan melihat kondisi Kebun Raya Cibodas yang indah, sejuk, dan menyuguhkan pemandangan yang oke banget.

“Memang melelahkan, tapi olah fisik ini terus terang juga menjadikan tubuh kita jadi terasa rileks.  Pikiran juga dibuat fresh, melupakan sementara aktivitas pembelajaran di sekolah yang menguras otak dan tenaga,” ujar panitia.