OSIS

Seluruh anggota OSIS dan MPK baru SMPIT Insantama mengikuti Up Grading Manajemen, pada Selasa 9 dan 16 Februari di SIT Insatama, Bogor. Dalam kesempatan tersebut Direktur Kesiswaan menyampaikan materi A to Z Keorganisasian dengan Basis Ilmu Manajemen Strategis. Ilmu ini biasanya diberikan saat kuliah S1 Program Studi Manajemen atau beberapa materi kuliah S2 sebagai mata kuliah konsentrasi.

Hari pertama mendapatkan lebih banyak teori seperti analisis lingkungan, formulasi strategi, implementasi strategi dan pengendalian strategi. Tentu dengan selingan diskusi ringan dan ice breaking. Sementara pada hari kedua, para peserta mendapatkan model manajemen strategis, analisis SWOT, visi organisasi, juga berlatih untuk menuliskan visi organisasi, perencanaan program, harapan terhadap organisasi dan analisis SWOT.

Tak cukup menerima teori, para peserta mendapat tantangan untuk mempraktikan berupa simulasi dari materi yang diberikan. Para peserta diminta untuk membentuk empat grup dari masing-masing ikhwan dan akhwat, lanjut menunjuk amir/amirah pada tiap grup. Setiap kelompok bertugas membuat miniatur jembatan merah dari kertas yang telah disediakan setelah sebelumnya mendengarkan kisah problem solving. Tugas ini membutuhkan analisis, perencanaan, kinerja tim yang baik, keridhaan hati untuk memimpin dan dipimpin, kecekatan, serta komunikasi yang baik antar anggota tim.

Hal-hal inilah yang nanti akan dibutuhkan selama mereka menjalankan tugasnya sebagai pengurus OSIS dan MPK. Di akhir kegiatan, para peserta menuliskan komitmen untuk selalu menjadi teladan bagi diri dan teman-temannya.[]