Nikmatnya Makan Siang Ditemani Alunan Perkusi

46

Mujurnya siswa-siswi yang kelasnya di lantai satu dan menghadap lapangan tengah SDIT Insantama. Sambil menikmati makan siang, mereka duduk di koridor ditemani alunan musik perkusi karya siswa-siswi kelas 4 yang tengah Konser Perkusi Cinta Nabi, Senin (26/10).

Karena konsernya di waktu istirahat, siswa lain yang berada di lantai dua, dan juga yang berada di gedung berbeda, tumpah ruah memenuhi koridor, menikmati konser.

Kegiatan konser ini merupakan bagian dari pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK).  Salah satu kompetensi dasar pada SBK kelas 4 adalah memahami musik ritmik, dan konser ini ditujukan untuk mencapai indikator pada pembelajaran tersebut.

Konser ini dipersiapkan dalam waktu kurang dari sebulan.  Para siswa melakukan latihan pun rata-rata hanya menggunakan waktu 2 jam pelajaran tiap pekannya ditambah waktu-waktu luang saat istirahat.  Dalam persiapannya, guru hanya bersifat sebagai pengarah dan fasilitator.  Selebihnya siswa berkreasi sendiri menuangkan ide-idenya untuk menghasilkan nada-nada irama yang enak didengar.

Ada delapan grup yang tampil dalam  konser ini.  Masing-masing kelas menampilkan satu grup akhwat dan satu grup ikhwan.[]