Kontak Kami

Kagum Melihat Pertanian di Vokasi IPB

Siswa siswi itu banyak terkagum-kagum melihat perkembangan varietas dan teknologi pertanian yang dikembangkan Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (IPB) beberapa waktu lalu di Bogor.

“Sering makan coklat dan minum kopi, tetapi baru tahu tanamannya setelah berkunjung di vokasi ini,” celetuk salah satu peserta study tour saat mendapat penjelasan tentang Program Keahlian (PK) Perkebunan.

Selain coklat dan kopi, di PK Perkebunan, siswa mendapat penjelasan pula tentang beragam komoditas tanaman lainnya yang ditanam di kebun, mulai kacang panjang, mentimun, jagung, tomat, bayam merah, okra, sampai kacang kedelai.

Pada tanaman kacang panjang, yang biasanya siswa lihat dengan warna hijau, namun kali ini kacang panjang tersebut berwarna merah, sesuatu yang baru bagi siswa, dan siswa pun dibolehkan mencoba rasa dari tanaman tersebut, beberapa siswa berkomentar “manis”, “renyah”, dan “enak”. Tak lupa mereka pun ketagihan mencoba kembali.

Sedangkan di PK Perikanan, siswa diberi pengarahan awal dan penjelasan tentang beberapa jenis ikan yang dibudidayakan di kolam-kolam yang tersebar di sekitar lokasi. Beberapa jenis ikan mulai dari gurame, lele, arwana dan udang.

Melihat jenis-jenis ikan lele yang ukurannya besar membuat mereka merasa senang dan ingin tahu. Mereka diberikan kesempatan untuk  memberi makan ikan dengan pakan ikan (pelet) yang sudah disiapkan.  Serta merta ikan-ikan pun menyambut dengan cepat pelet yang diberikan.

Di PK Peternakan,  siswa sekaligus diuji daya tahan indera penciumannya, karena aroma yang tercium memang bagi sebagian siswa dirasa “kurang bersahabat”, karena tercium aroma yang berasal dari kotoran hewan tersebut. Namun hal itu tidak menyurutkan minat siswa untuk bertanya pada pemandu dan sambil sesekali memberi makan hewan ternak tersebut.[]