Jumlah Peserta Didik Baru Meningkat

329

Di penghujung tahun 2017 lalu SIT Insantama Kota Bogor kembali membuka pendaftaran untuk para calon siswa.  Istilah yang umum disebut sebagai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), yang empat tahun sebelumnya dikenal dengan Penerimaan Siswa Baru (PSB), dimulai pada 1 Desember 2017.  Masyarakat diberi kesempatan melakukan pendaftaran hingga pada 31 Desember 2017.

Pada tahun ini, jenjang Sekolah Dasar (SDIT) membuka kesempatan kepada masyarakat Bogor dengan lima rombongan belajar (rombel), satu rombelnya berjumlah 32  calon siswa. Ini adalah peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Kuota maksimal rombel selama 7 tahun terakhir adalah empat rombel atau 128 siswa.

Sedangkan jenjang SMPIT masih bertahan di enam rombel, dibagi sama untuk masing-masing tiga rombel calon siswa ikhwan dan akhwat.  Sehingga jumlah maksimum calon siswa SMPIT adalah 192 anak.  Jenjang tertinggi Insantama (SMAIT), mengikuti preferensi masyarakat sebagaimana SDIT, yaitu membuka lima rombongan belajar. Tiga rombel untuk calon siswa akhwat dan sisanya untuk ikhwan.

Total kuota calon siswa pada PPDB periode 2018-2019 berjumlah 512 siswa.  Dengan jumlah calon lulusan (alumni) untuk semua jenjang pada Tahun Pelajaran 2017-2018 adalah 372 siswa.  Maka untuk tahun ajaran 2018-2019 siswa SIT Insantama Kota Bogor akan mencapai 1.616 siswa.

Tahun ini boleh dikatakan keinginan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SIT Insantama Kota Bogor mengalami peningkatan. Jangkauan masyarakat yang mempercayakan putra-putrinya sekolah di SIT Insantama selama ini juga sangat luas. Untuk jenjang SDIT, siswa berasal dari regional Kota dan Kabupaten Bogor.  Jenjang SMPIT, fifty-fifty antara regional Bogor dan masyarakat dari luar Bogor.  Sedangkan jenjang SMAIT sebagian besar siswa berasal dari luar regional Bogor. Hingga saat ini, SIT Insantama Kota Bogor memiliki siswa yang berasal dari hampir seluruh propinsi di Indonesia.

Masih menguatkan mekanisme pendaftaran pada periode sebelumnya, PPDB 2018-2019 tetap mengawalnya dengan Pendaftaran PPDB Online.  Mekanisme online yang mulai diinisiasi pada PPDB 2016-2017, saat ini terus mengalami perbaikan dan penyempurnaan.  Ke depan, sistem PPDB online SIT Insantama diharapkan akan semakin memudahkan masyarakat dan lebih IT friendly.

“Sangat membantu terutama bagi orangtua murid yang punya kesibukan jam 05.00 WIB sd 18.00 (termasuk perjalanan). Dengan online pendaftaran bisa dilakukan di sela-sela kesibukan meskipun calon sekolah anak bukanlah hal yang coba-coba.  Menurut saya sistem sudah bagus, tinggal dipertahankan atau bahkan ditingkatkan dengan mempertimbangkan masukan dari para calon wali murid,” ujar Hengky Wijaya, orang tua dari Hemalia Kelas VI SDIT Insantama yang melanjutkan ke SMPIT Insantama.[]