Bukan Seminar Pendidikan Biasa: Menjadi Orangtua yang Dirindukan Surga

21

Kembali Fosis SDIT Insantama menyelenggarakan Bukan Seminar Pendidikan Biasa (BSPB) pada hari Sabtu, 28 Juli 2018 bertempat di aula Masjid Al Muslihin, Kompleks Perumahan Sindangbarang 1 Bogor.

Menurut Ibu Reta Agustin, ketua Fosis SDIT Insantama, menyampaiakan dalam sambutannya bahwa kegiatan BSPB ini bertujuan untuk memberikan materi edukasi yang “bergizi” yang berisi ilmu yang menjadikan ortu akan smakin mjd smart dan hebat dalam mewujudkan anak-anak yang taqwa dan cerdas.

Sementara itu, menurut Ibu Kenez Fatimah, yang ditunjuk sebagai ketua panitia kegiatan ini, menambahkan, “Anak-anak yang kita punyai adalah amanah yang tdk main-main dari Allah sehingga dalam proses mendidik mereka harus dengan sungguh-sungguh dan jangan sampai tertekan. Karena sebagus dan sebanyak apapun ilmu kita, bila proses pembimbingan dilakukan dalam suasana tertekan tentu akan membuat proses pendampingan dan pembimbingan anak akan berjalan tidak optimal. Oleh karena itu, seminar ini diselenggarakan agar para orangtua yang hadir bisa mempunyai kemampuan wow dalam mendidik anak-anak mereka.”

Ada yang berbeda dalam pelaksanaan BPSB kali ini. Kegiatan yang sudah berjalan ke-3 dalam bingkai BSPB ini pesertanya tidak hanya berasal dari internal saja, tapi juga eksternal. Peserta internal, menurut Ibu Kenez, adalah para guru di semua unit SIT Insantama dan juga para orangtua wali siswa. Sementara peserta eksternal adalah hanya dari teman-teman atau saudara terdekat dari para orangtua siswa saja. Sengaja tidak terlalu diekspos karena khawatir peserta akan membludak, sementara kuota dan ruangan seminar terbatas jumlahnya.

Pada kegiatan BSPB tahun ini, yang didapuk menjadi host adalah Bapak Ageng Budiansyah, guru SMPIT Insantama. Beliau mengawali dengan pembukaan dan mengajak peserta untuk senantiasa menjadi para orangtua yang merasa haus akan ilmu, terutama ilmu parenting yang akan menjadi bekal dalam membimbing anak-anak kita agar menjadi anak-anak yang shalih dan shalihah.

Setelah pembukaan, acara selanjutnya adalah pembacaan kalam Ilahi yang dilantunkan oleh ananda Yasmin Taqiyah Tambunan siswa kelas 6D dan ananda Alaila Maulidina siswa kelas 6C. Lantunan ayat-ayat suci yang dkumandangkan membahana menyusuri tiap celah ruang di aula masjid yang membuat suasana menjadi syahdu dan khusyu…

To be continued…