Belajar Berorganisasi, Berkreasi, dan Menjadi Pemimpin Menuju Lingkungan Islami

395

The Born of OSIS SMPIT Insantama Leuwiliang:
Belajar berorganisasi, berkreasi, dan menjadi Pemimpin menuju Lingkungan Islami

Sejak Jumat (27/07) siswa siswi SMPIT Insantama Leuwiliang – Sekolah Calon Pemimpin, memulai berorganisasi dalam wadah Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

Pak Fauzi Guru mereka mengumpulkan mereka memberikan pengertian, penjelasan, pemahaman dan motivasi seputar OSIS. “Ajang pembentukan kepengurusan OSIS ini adalah sebagai sarana siswa dalam berorganisasi diantara sesama siswa”

Pak Yoga Swara Kepala SMPIT Insantama Leuwiliang mengatakan: “Dengan adanya OSIS di SMP ini, diharapkan dapat menumbuhkan mental siswa terbiasa berorganisasi, bersosialisasi, berkreasi, dan melatih jiwa kepemimpinan siswa sebagai wujud slogan sekolah ini, dengan tetap mencontoh sikap memimpin ala Rasulullah yang Shiddiq, Amanah, Fathanah dan Tabligh”.

Selama hampir 1 pekan (27 Juli – 03 Agustus 2018) siswa-siswi menjalankan agenda pemilihan kepengurusan OSIS. Beberapa siswa tampil sebagai calon ketua dan wakilnya, yakni pasangan pertama, Zein Arifin dan Umayr Al Fayadl, pasangan kedua, M Fathin Karim dan M Rusdan serta pasangan ketiga, Adi Octo R dan Yoshie Rio Fahlefy.

Rangkaian acara dimulai dari pemilihan dan penetapan pasangan calon ketua dan wakilnya, pengenalan OSIS, pemberian motivasi menjelang pencalonan, sesi pemotretan calon, perumusan Visi dan Misi setiap calon, sosialisasi setiap calon ke kelas-kelas (kampanye), pemasangan pamflet calon beserta visi misinya, debat terbuka antar calon pasangan, serta acara puncak prosesi pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS 2018/2019 dan struktur kepengurusan.

Para pasangan calon pun diuji menjawab beberapa pertanyaan dari guru, Ibu Mulya menanyakan: “Bagaimana caranya agar siswa dapat mengatur waktu dengan baik dalam 1 hari (24 jam) dan tidak ada yang sisa-sia ?”. Demikian pula Ibu Badriah tak ketinggalan memberikan pertanyaan untuk dijawab pasangan calon: “Bagaimana cara mendisiplinkan diri sendiri sebelum mendisiplinkan orang lain, serta cara mengembangkan potensi setiap siswa yang berbeda satu dengan lainnya ?”. Beragam jawaban diutarakan siswa yang menjadi kandidat calon Ketua dan Wakil ketua OSIS kali ini.